Negara

Berat badan kucingmu

Di alam bebas, harimau hanya akan memakan mangsa yang dia tangkap. Kucingmu juga adalah pemburu sejati, meskipun begitu dia akan mengandalkanmu untuk memberinya makanan yang seimbang agar tetap sehat.. dengan berat yang layak. Akan tetapi, akan sangat sulit bagimu untuk menolak muka memohonnya, untuk itu makanan ringan dapat menjadi hal yang penting saat bermain bersamanya.Pperiksalah berat badan kucingmu, dan pastikan dia tidak terlalu dimanja!

Menimbang

Memeriksa berat badan kucingmu tidak serumit yang kamu pikirkan – gunakan saja timbangan di kamar mandi. Pertama, timbang berat badanmu terlebih dahulu. Lalu, timbang lagi, ketika kamu menggendong kucingmu. Lakukan pengurangan pada angka pertama dan kedua, kamu akan mengetahui berat kucingmu.

Perhatikan dia

Ada baiknya untuk selalu sadar akan perubahan berat badan kucingmu. Kamu dapat melakukan ini dengan cara berdiri tepat diatasnya dan lihatlah kebawah. Jika kamu dapat melihat sedikit “pinggang” di belakang tulang rusuknya, mungkin kucingmu kelebihan berat badan. Lihat juga apabila terdapat kantung lemak di antara kaki belakangnya, dan di bawah perutnya.
Cara lainnya adalah, letakkan kedua tanganmu pada bagian samping kucingmu. Jika kamu dapat merasakan tulang rusuknya, berat badan kucingmu sempurna. Tapi jika tulang rusuknya cenderung condong keluar, dia terlalu kurus.

Membantu kucing yang kelebihan berat badan

Jika kucingmu mulai terlihat sedikit gendut, dokter hewanmu dapat menolong dengan menganjurkan pola makan diet untuknya. Akan lebih baik bila kucingmu makan dengan porsi yang kecil namun sering, jadi cobalah beri dia makanan sebanyak empat kali dalam sehari, dibandingkan dua porsi besar. Dan kamu juga harus berhenti memberikannya makanan ringan!
Sama dengan harimau, kucingmu akan tumbuh subur ketika melakukan banyak latihan – dan dapat membantunya menurunkan berat badan. Biasakan kucingmu dengan latihan singkat yang menyenangkan baginya. Lalu, secara bertahap tambahkan waktu bermainnya, kamu dapat menambahkan selama 5 menit, sampai dia mendapatkan porsi latihan penuh.



Membantu kucing yang terlalu kurus

Jika kamu berpikir kucingmu terlalu kurus, tanyakan dokter hewanmu tentang pola makan yang tepat. Jika tidak ada perubahan, ada kemungkinan dia tidak sehat, bawalah dia kembali ke dokter hewan untuk pemeriksaan lanjutan.
®/TM Trademarks of Mars, Incorporated and its affiliates.
© Mars, Incorporated, 2017. All rights reserved