Negara

Bagaimana cara memeriksakan kesehatan anak kucingmu

Pada dasarnya, harimau menjadikan perawatan sebagai cara untuk menjaga hubungan sosial mereka satu sama lain. Kamu dapat melakukan hal yang sama dengan cara memeriksakan kesehatan anak kucingmu secara rutin. Lakukan kebiasaan ini sejak dini - maka anak kucingmu akan berpikir bahwa ini hanyalah kebiasaan normal yang kamu terapkan kepadanya.

Menciptakan suasana nyaman

Sebelum memeriksakan anak kucingmu, pilih tempat di mana dia merasa paling nyaman berada disana - mungkin di tempat tidur atau pangkuanmu. Ketika kamu memeriksa dia, sentuhlah dia dengan lembut dan juga perkataanmu.

Pernapasan dan perut

Dengarkan dengan seksama cara bernafas anak kucingmu, pastikan bahwa itu normal dan wajar. Pastikan kamu juga membelainya di bagian perut, agar kamu dapat mengetahui jika ada sesuatu yang janggal disana.

Mata dan telinga

Periksalah telinga anak kucingmu, mulai dari setiap goresan di bagian luar, radang atau kotoran yang bewarna sedikit lebih gelap. Kamu juga harus melihat matanya, untuk memeriksa adanya kotoran, bengkak atau cedera. Jangan pernah menyentuh bola matanya, dan jangan pernah memberikan tetes mata tanpa konsultasi lebih lanjut dengan doktermu.

Mulut dan hidung

Mulailah dengan membuka mulut anak kucingmu dengan lembut, dengan seksama lihatlah tanda - tanda gigi yang berlubang, meradangnya gusi, atau adanya endapan plak. Kesehatan anak kucing pada umumnya dapat dilihat dari hidung sebagai indikator yang baik - dingin dan lembab. Jika mereka mempunyai kulit hidung yang sedikit keras atau terlalu sering bersin, ada kemungkinan dia sedang sakit. Jika kamu khawatir dengan kondisinya, bawalah dia ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cakar

Periksa cakar anak kucingmu untuk memastikan bahwa tidak ada kuku yang rusak atau hilang. Kamu juga harus memeriksa apabila ada luka pada kulit di bantalan kuku - kukunya. Menekan kakinya selembut apapun akan menghunus cakarnya - ingat kukunya tajam!

Berbicara dengan dokter hewanmu

Jika kamu khawatir dengan kondisi anak kucingmu, awasi dia untuk satu sampai dua hari kedepan. Apabila kamu masih ragu, hubungi dokter hewanmu secepatnya.
®/TM Trademarks of Mars, Incorporated and its affiliates.
© Mars, Incorporated, 2017. All rights reserved