Whiskas imagery
Cari

Masukkan kata kunci di bawah ini untuk mencari artikel dan produk

Ras Kucing Persia

Jika Anda adalah penggemar film Stuart Little, Anda pasti ingat pada tokoh Snowbell, kucing Persia putih yang diadopsi oleh keluarga Little. Meskipun Snowbell awalnya hanya muncul sebagai kucing yang selalu ingin menggagalkan rencana Stuart, dia akhirnya mampu menjadi karakter yang yang menyegarkan dan menhangatkan hati. Dia berhasil menempatkan dirinya permanen di hati kita.

Sama seperti Snowbell, ras kucing Persia sangat lembut, tenang, dan sangat setia pada pemiliknya. Jika sifat ramah dan manis dari kucing Persia belum cukup untuk membuat Anda jatuh hati dengan mereka, perhatikan bagaimana mereka bermanja mendekam pada Anda, Anda pasti akan takluk dibuatnya. Meskipun kucing Persia berhidung datar memerlukan perhatian dan perawatan yang rutin, mereka adalah hewan peliharaan yang menyenangkan untuk dimiliki di rumah. Juga, dengan ukuran tubuh kucing Persia yang sedang, mereka cocok untuk keluarga kecil.

Kucing Persia berbulu pendek, yang asalnya dari kucing gurun, memiliki bulu yang 2 kali lebih tebal untuk melindungi mereka dari lingkungan gurun yang kasar. Itu juga yang membuat mereka bertahan di iklim yang lebih dingin. Meskipun kucing pasir yang awalnya berasal dari gurun memiliki toleransi pada iklim yang lebih hangat, kucing Persia berbulu panjang memiliki suhu badan yang lebih tinggi dan anak kucing Persia dapat terpengaruh oleh cuaca yang panas dan lembab dan rentan terhadap sengatan panas dan suhu panas yang keterlaluan.

Tahukah Anda tentang sejarah kucing Persia bahwa kucing Persia Ragdoll adalah yang termasuk di antara keturunan kucing yang tertua? Sama seperti kebanyakan kucing rumahan dan kucing liar, kucing Persia adalah keturunan dari keluarga kucing Felidae. Kucing Persia berbulu panjang yang kita lihat dan sayangi hari ini berasal dari Italia pada abad ke 17 dan dibawa dari Persia oleh Pietro Della Valle, inilah yang menjelaskan ciri-ciri Persia mereka.

Petunjuk Utama:

  • Berat - 7 sampai 12 pon. 
  • Tinggi - 10 sampai 15 inci. 
  • Umur - 12 sampai 17 tahun. 
  • Mantel bulu - Panjang, bulu tebal yang mewah.

Ranking:

  • Keramahan – ⭐⭐⭐⭐⭐
  • Kemampuan beradaptasi –  ⭐⭐⭐⭐⭐
  • Perilaku terhadap hewan lain – ⭐⭐⭐⭐⭐
  • Perilaku terhadap manusia – ⭐⭐⭐⭐⭐
  • Keceriaan – ⭐⭐⭐
  • Kecenderungan obesitas – ⭐⭐⭐
  • Kesehatan secara keseluruhan – ⭐⭐⭐
  • Harapan hidup – ⭐⭐⭐⭐
  • Mudah dilatih – ⭐⭐
  • Disarankan untuk pemilik pertama kali – ⭐⭐⭐⭐⭐

Satu bintang = rendah/buruk
Lima bintang = tinggi/bagus

Penampilan

Kucing Persia berhidung datar memiliki penampilan yang berbeda dari kebanyakan kucing lainnya. Meskipun bulu panjang dan tebal mereka membuat mereka mirip kucing Maine coon, kucing Persia dengan wajahnya yang datar dapat meluluhkan hati orang seketika. Kucing Persia Ragdoll memiliki wajah yang lebih datar dengan pipi yang lebih berisi dan mata kecil yang bervariasi seperti warna tembaga, hijau, dan biru kehijauan.

Kebanyakan kucing Persia berbulu pendek memiliki warna bulu yang seragam tetapi kucing Persia Ragdoll juga ada yang memiliki kombinasi warna dan belang. Bulu mewah pada kucing Persia biasanya berwarna padu seperti putih, krem, hitam, pirang, dan krem kebiruan. Namun, varian yang paling terkenal adalah kucing Persia putih dan kucing Persia hitam. Kebanyakan kucing Persia berbulu pendek dapat dibedakan melalui ujung telinga dan warna putih pada pangkal bulunya. Ciri-ciri kucing Persia termasuk kepalanya yang kecil dan bulat, telinga, dan kaki yang pendek. Ukuran kucing Persia adalah sedang, seperti kucing lain pada umumnya.

Kesehatan

Meskipun ras kucing Persia memiliki daya tahan yang tinggi terhadap penyakit umum yang sering dialami keturunan kucing yang lain, karakter kucing Persia membuat kucing Persia kesayangan Anda rentan terhadap penyakit turunan. Karakter kucing Persia membuat mereka rentan terhadap penyakit ginjal polikistik (polycystic kidney diseases - PKD), atrofi retina progresif (progressive retinal atrophy - PRA), batu kandung kemih dan sistitis, dan kardiomiopati hipertrofik (hypertrophic cardiomyopathy). Riwayat kucing Persia tentang penyakit-penyakit ini dapat membantu Anda untuk menjaga kucing Persia kesayangan Anda tetap sehat dan memastikan mereka terhindar dari komplikasi kesehatan dan membuat mereka bisa menjalani hidup yang normal.

Perawatan

Ras kucing Persia terkenal dengan bulunya yang panjang dan mewah. Meskipun bulu mereka yang menjadikan kucing Persia berbulu pendek sangat diinginkan sebagai hewan peliharaan, mereka memerlukan perawatan yang rutin untuk membuatnya tetap bersinar dan rapi. Bulu panjang yang merupakan ciri-ciri kucing Persia membuat kucing Persia rentan menjadi kusut, untuk mencegahnya memerlukan penyisiran secara manual. Kekusutan di bagian belakang telinga dan lengan dapat membuat kucing Persia Ragdoll kesayangan Anda teriritasi, oleh karena itu sangat penting untuk menyisir bulu mereka secara rutin. Menyikat lembut menggunakan sisir logam yang lebar dapat dengan mudah membantu menghilangkan kekusutan sekaligus membuat kucing Persia putih Anda merasa nyaman.

Memandikan kucing Persia berhidung datar Anda setiap bulan terbukti bermanfaat dalam membuat mereka tetap bersih dan terbebas dari kotoran. Anda juga dapat merawat kucing Persia Ragdoll Anda menggunakan sampo yang lembut untuk meningkatkan kilau pada bulu panjang mereka. Memberi bedak pada kucing Persia putih Anda juga efektif melembutkan bulu mereka dan mencegahnya berminyak. 

Sebagai tambahan, pemotongan kuku kucing Persia Anda setiap 10-15 hari dapat mencegah mereka secara tidak sengaja mencakar. Kucing Persia beresiko terjangkit infeksi bakteri dari noda air mata pada wajah mereka. Menyeka noda air mata dan kerak menggunakan produk anti bakteri dan bebas noda dapat membantu mencegah bakteri berkembang biak. Lebih lanjut, penggunaan spons dengan lembut dapat digunakan untuk menghilangkan noda air mata dari wajah kucing Persia Anda.

Bermain

Ras kucing Persia adalah kucing yang sangat lucu dan suka disayang, membuat orang mustahil untuk tidak ingin bermain dengan mereka. Dan kebanyakan sifat kucing Persia adalah ramah dan suka bergaul dan ingin bermain dengan kesayangan mereka. Bagaimanapun, ras kucing Persia adalah jinak dan lembut dan mengharapkan Anda memperlakukan mereka dengan cara yang sama. Jadi, sangat penting untuk menghormati karakter kucing Persia ketika bermain dengan kucing Persia Anda. 

Tidak perlu memaksa kucing Persia Anda untuk bermain ketika mereka sedang tidak dalam suasana hati ingin bermain. Sebaliknya, membiarkan mereka berada dalam tempat mereka sendiri tidak hanya menguatkan ikatan tetapi juga membuat mereka nyaman berada di sekitar Anda. Ketika sudah merasa nyaman, karakter kucing Persia muncul dan kucing Persia hitam Anda akan segera datang untuk bermain. Ciri-ciri dari kucing Persia adalah kesukaan mereka bermain, oleh karena itu bermainlah secara rutin bersama mereka untuk menumbuhkan ikatan yang erat dengan mereka.

Ciri-ciri kucing Persia yang suka bermain membuat ras kucing Persia sangat mudah dihibur. Bahkan, Anda dapat menyiapkan mainan buatan sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah. Lebih lanjut, terdapat persahabatan yang berkesinambungan antara kucing Persia hitam dengan bola-bola dari benang. Bola-bola dari benang merupakan kesayangan anak-anak kucing Persia, yang tidak menyebabkan kuku mereka tersangkut pada kain yang lembut. Anda juga dapat mendaur ulang kaos kaki lama Anda untuk dipakai bermain oleh mereka. Dengan menambah catnip pada kaos kaki lama Anda dapat menghibur anak-anak kucing ini dan meningkatkan suasana hati mereka.

Pertanyaan Umum tentang Kucing Persia

  1. Apakah Kucing Persia bisa bergaul dengan hewan peliharaan lain?

    Kucing Persia hitam terkenal dengan sifatnya yang tenang dan sikapnya yang lembut. Ras kucing Persia biasanya suka berkomunikasi dan pandai beradaptasi dengan hewan peliharaan yang lain selama mereka juga ramah dan tenang. Kucing Persia berbulu pendek mudah bergaul dengan hewan peliharaan yang lain yang bersikap lembut kepada mereka, karena perilaku yang agresif atau suara yang keras dari hewan peliharaan yang lain dapat membuat mereka menjadi gelisah.

  2. Apakah Kucing Persia ramah?

    Ciri-ciri kucing Persia adalah sifatnya yang tenang dan mereka suka diperlakukan dengan lembut. Selama tidak ada gangguan yang tidak perlu, kucing Persia berbulu panjang sangat penyayang dan ramah. Dikarenakan sifatnya yang tenang dan santai, kucing Persia suka bermanja mendekam ke tuan mereka daripada bermain secara aktif. Ciri-ciri kucing Persia itu juga yang membuat mereka penuh dengan kasih sayang, sehingga mereka suka dibelai dan dipeluk, dan keramahan mereka itu berasal dari sifat alami mereka yang penurut.

  3. Berapa lama Kucing Persia bisa bertahan hidup?

    Ras kucing Persia memiliki umur yang lebih panjang daripada jenis kucing yang lainnya. Biasanya, kucing Persia berhidung datar dapat hidup hingga usia antara 12 hingga 17 tahun. Namun, mereka bisa hidup lebih lama dari itu, tergantung kesehatan umum, pola makan, dan lingkungan mereka.

  4. Apakah Kucing Persia mudah dirawat?

    Ras kucing Persia memiliki bulu yang panjang dan oleh karena itu mereka memerlukan perawatan yang rutin untuk menjaga kecantikan mereka. Meskipun perawatan kucing Persia berbulu panjang dapat menjadi sebuah proses yang panjang, namun mereka layak mendapatkannya. Dengan memperhatikan kuku, mata, dan telinga pada kucing Persia berbulu panjang dapat membuat mereka selalu tampak cantik.

  5. Apakah Kucing Persia suka mandi?

    Semakin panjang bulu mereka semakin perlu untuk kucing Persia Anda dimandikan secara rutin. Untungnya, ras kucing Persia senang ketika mereka dimandikan. Biasanya, mandi sekali dalam sebulan dapat membantu bulu mereka tetap lembut dan terhindar dari kotoran. Namun, jika kucing Persia Anda lebih suka berada di dalam rumah, Persia kesayangan Anda akan jarang terkena kotor dan tidak perlu sering dimandikan, cukup sekali dalam beberapa bulan.

Whiskas brand imagery