Whiskas imagery
Cari

Masukkan kata kunci di bawah ini untuk mencari artikel dan produk

Perilaku Menggaruk dan Mencakar pada Kucing

Jika Anda memiliki kucing di rumah, Anda pasti tidak asing lagi dengan kebandelan mereka yang tak berujung. Dan, salah satu bentuk kenakalan paling umum yang dapat Anda saksikan sebagai pemilik kucing adalah menggaruk perabotan dan barang-barang lain yang ditemukan di sekitar rumah. Anda mungkin bertanya, mengapa kucing suka menggaruk kayu? Mungkin Anda dapat melihat ini sebagai sesuatu yang sangat menjengkelkan, namun ini adalah salah satu dorongan alami kucing. Mereka memiliki alasan praktis untuk menggaruk barang. Jadi, mari kita cari tahu mengapa kucing menggaruk dengan cakarnya

Mengapa kucing menggaruk barang?

Jika Anda ingin tahu mengapa kucing suka menggaruk, artikel ini akan mencoba menjawab mengapa kucing menggaruk. Kucing biasanya meninggalkan tanda dengan garukan kucing mereka pada permukaan benda. Dan jika Anda memiliki kucing, melihat kucing Anda menggaruk perabotan dengan menyeret cakar depannya ke bawah pasti adalah sesuatu yang sudah biasa.

Meskipun ini adalah kebiasaan yang cukup umum untuk kucing, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kucing menggaruk. Ada beberapa alasan mengapa kucing menggaruk perabotan di sekitar rumah. Berikut adalah sebab mengapa kucing suka menggaruk dan juga maksud kucing mencakar.

  1. Menjaga kuku:

    Salah satu alasan utama untuk menjawab mengapa kucing menggaruk perabotan adalah untuk menjaga kuku mereka. Kucing sebagai predator memiliki cakar yang perlu diasah. Dengan menggaruk, kucing Anda berusaha melonggarkan dan melepaskan lapisan luar cakar mereka untuk mengekspos permukaan cakar yang lebih tajam di dalamnya. Jawaban mengapa kucing menggaruk cakar adalah karena dengan proses menggaruk perabotan, mereka mengasah kukunya. Ini juga dikenal sebagai stropping.

  2. Melatih otot kaki:

    Kucing adalah pemburu, dan terkenal dengan kecakapan mereka sebagai predator dalam melacak dan memburu mangsa. Jika Anda ingin tahu mengapa kucing suka menggaruk, menggaruk permukaan sesuatu dengan cepat adalah cara bagi kucing untuk menempa keterampilan berburu mereka. Hal ini akan melatih otot-otot kaki depan serta tulang belakang mereka untuk membantu menjaga dan membuat postur berburu mereka dengan lebih baik. Untuk kepentingan yang sama, mereka juga dapat melakukan hal ini sambil berbaring dan menggunakan berat badannya sebagai beban dan menarik diri mereka dengan menggaruk dengan cakar mereka. Inilah yang dimaksud sebagai garukan cakar kucing.

  3. Menandai daerah teritorial:

    Jika Anda pernah bertanya mengapa kucing menggaruk kayu, inilah jawabannya. Kucing adalah hewan sosial yang suka membedakan daerah teritorial mereka dari saingan mereka. Mereka melakukan hal ini juga untuk mengusir predator. Umumnya kucing menandai daerah teritorial mereka dengan menggaruk permukaan benda-benda sebagai isyarat visual yang kuat, terutama pada daerah dengan populasi kucing yang tinggi.

  4. Meninggalkan tanda bauan:

    Selain untuk menandai daerah teritorial mereka, jawaban mengapa kucing suka menggaruk cakarnya adalah untuk meninggalkan tanda bauan sebagai bentuk perilaku penandaan atau komunikasi teritorial. Kucing memiliki kelenjar bauan dan keringat di antara bantalan kaki mereka yang dapat menghasilkan bauan yang kuat dan jelas. Dengan menyeret cakarnya ke permukaan benda sambil menggaruk, kucing memastikan bauan mereka akan tersisip pada permukaan benda tersebut. Selain dari bauan, kombinasi bekas goresan cakar dan lapisan luar cakar mereka digunakan untuk menunjukkan kepemilikan teritorial mereka dan juga untuk mengusir kucing lain.

Mengapa kucing menggesekkan diri pada benda-benda di sekeliling mereka?

Selain mengapa kucing suka menggaruk, mereka juga senang menggesekkan tubuh mereka ke benda lain. Menggesekkan diri pada orang yang dicintai bahkan perabotan adalah salah satu bentuk interaksi umum pada kucing yang mempersonakan. Bagi kucing, menyundul dan mengendus merupakan ungkapan untuk berinteraksi, termasuk menyapa, mengklaim kepemilikan, dan mengumpulkan informasi. Alasan mengapa kucing Anda bergesekan dengan barang adalah:

  1. Menyatakan ikatan sosial dengan manusia:

    Tidak jarang melihat kucing Anda menggesekkan tubuh mereka pada perabotan dan barang-barang rumah tangga lainnya. Kebanyakan kucing suka bergesekan dengan manusia favorit mereka, ini adalah interaksi sosial yang kompleks pada kucing. Melebihi dari apa yang terlihat sebagai hal yang sangat menggemaskan, tindakan ini sebenarnya mengungkapkan ekspresi cinta dan kasih sayang mereka. Kebanyakan kucing akan bergesekan dengan barang-barang dan manusia favorit mereka dengan dahi dan pipi mereka sebagai cara mereka mengklaim kepemilikan dan tanda posesif mereka terhadap orang yang mereka cintai.

  2. Meninggalkan tanda bauan:

    Selain sebagai isyarat untuk menegaskan ikatan sosial dengan manusia, kucing juga suka menggesekkan diri mereka terhadap barang-barang lainnya untuk meninggalkan tanda bauan bagi pesaing. Kucing mentransfer bauan mereka dari kelenjar yang ada di wajah dan pipi mereka. Dan, dengan menggesek kepala dan ekor mereka pada perabotan atau pemiliknya, kucing menyebar bauan mereka untuk mengklaim kepemilikan. Tanda bauan, yang sebagian besar mengandung feromon, juga digunakan untuk mengidentifikasi dan menarik calon pasangan.

Bagaimana cara menghentikan kucing Anda menggaruk dan merusak perabotan?

  1. Beli tiang garuk:

    Salah satu cara yang paling efektif untuk membuat kucing Anda berhenti menggaruk dan merusak perabotan adalah dengan membeli tiang garuk untuk mereka. Ini mengijinkan kucing Anda untuk melanjutkan aktivitas menggaruk alaminya tanpa menyebabkan kerusakan pada perabotan Anda atau barang-barang rumah tangga lainnya. Tiang garuk biasanya tersedia sebagai struktur tegak tunggal yang memotivasi kucing Anda untuk berinteraksi dan bermain. Sebagian besar tiang garukan tersedia sebagai tiang kayu yang telah dilapisi dengan bahan kasar untuk menggaruk. Tiang garuk biasanya cukup terjangkau, dan tersedia di sebagian besar toko perlengkapan hewan peliharaan.

  2. Semprotkan sitrus pada perabotan:

    Anda juga bisa membuat kucing berhenti menggaruk perabotan dengan menyemprot perabotan tersebut dengan sitrus. Biasanya, jus lemon sudah cukup efektif untuk mencegah kucing duduk atau menggaruk permukaannya. Dan jika Anda ingin mencegah kucing Anda dari menggaruk perabotan tanpa menyakiti mereka, buatlah semprotan pengusir kucing dari jus sitrus. Jus sitrus sangat mudah dibuat dan lebih aman dibanding dengan pengusir kucing kelas industri yang mungkin bisa beracun bagi kucing Anda jika tertelan. Anda dapat menyiapkan semprotan pengusir kucing buatan sendiri dengan minyak esensial lemon dan rosemary, gliserin nabati, dan air suling untuk disemprotkan ke permukaan perabotan Anda.

  3. Gosokkan catnip pada tiang garukan:

    Jika Anda sudah memiliki tiang garukan tetapi kucing Anda masih lebih suka menggaruk perabotan Anda, adalah suatu ide yang bagus untuk menggosokkan catnip pada tiang garukan yang Anda beli untuk memikat mereka pada tiang garukan tersebut. Kucing menyukai catnip, jadi menggosokkan catnip pada tiang garukan dapat secara efektif membuat mereka berhenti menggaruk perabotan dan menggunakan tiang garuk sebagai gantinya.

Selain itu, Anda juga bisa mencegah kucing menggaruk dan merusak perabotan dengan memotong kuku mereka secara berkala. Ini juga bermanfaat untuk menghindari cakaran yang tidak sengaja dari kucing Anda. Memotong kuku mereka merupakan bagian penting dari perawatan mereka, yang juga membantu menghindari penumpukan bakteri di antara kuku mereka yang dapat menyebabkan infeksi. Meskipun tidak semua kucing merasa nyaman untuk kuku mereka dipotong, Anda bisa membiasakan memotong kuku mereka sejak usia dini. Namun, jika kucing Anda memang senang berpetualang di luar rumah, mungkin ada baiknya untuk tidak memotong kuku mereka, karena kucing Anda akan bergantung pada cakar mereka untuk memanjat dan mempertahankan diri mereka dari makhluk lain.

Pertanyaan Umum untuk Kucing Menggaruk and Menggesek Diri

  1. Bagaimana cara membuat kucing saya berhenti menggaruk sofa?

    Jika Anda ingin menghentikan kucing menggaruk sofa, Anda dapat membeli tiang garukan untuk digunakan sebagai gantinya. Menggunakan semprotan sitrus juga efektif sebagai pengusir kucing untuk menjauhkan mereka dari perabotan. Selain itu, Anda juga bisa memotong kuku mereka untuk memastikan mereka berhenti menggaruk sofa. Namun, jika kucing Anda suka berkeliaran di luar rumah, lebih baik menggunakan semprotan pengusir kucing buatan sendiri daripada memotong kukunya.

  2. Mengapa kucing saya menggaruk perabotan?

    Salah satu alasan utama kucing menggaruk perabotan adalah untuk menjaga dan mengasah cakarnya. Namun, selain itu, kucing juga menggaruk perabotan untuk melatih otot kaki, menghilangkan stres, meregangkan tubuh, serta menandai daerah teritorial dan meninggalkan tanda bauan. Tanda bauan, dikombinasikan dengan lapisan luar cakar dan bekas goresan pada permukaan barang adalah isyarat visual yang kuat untuk kucing lain.

  3. Bisakah kucing dilatih untuk tidak menggaruk perabotan?

    Menggaruk adalah salah satu dorongan alami pada kucing, yang tidak hanya membantu menandai wilayah teritorial atau mengasah cakar mereka, tetapi juga menghilangkan stres dan memberi perasaan senang pada mereka. Jika dilatih sejak kecil, kucing bisa terbiasa untuk tidak menggaruk perabotan.

  4. Mengapa kucing saya menggesek dirinya pada kaki saya saat saya berjalan?

    Adalah umum bagi kucing untuk menggesekkan tubuh mereka pada kaki orang yang mereka cintai. Meskipun sebagian besar dilakukan bagi menandakan cinta dan kasih sayang, itu adalah interaksi sosial yang kompleks untuk kucing. Dengan menggosok kaki manusia favorit mereka, kucing meninggalkan tanda bauan untuk mengklaim kepemilikan, atau sekedar menyapa, atau hanya suatu cara untuk mengidentifikasi Anda.