Whiskas imagery
Cari

Masukkan kata kunci di bawah ini untuk mencari artikel dan produk

Mainan Untuk Kucing

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana anak kucing kecil Anda bersembunyi dan melompat ke arah Anda di saat-saat yang tidak terduga?

Mengapa kucing Anda membutuhkan mainan?

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana anak kucing kecil Anda bersembunyi dan melompat ke arah Anda di saat-saat yang tidak terduga? Mereka pada dasarnya 'menguntit' dan 'memburu' Anda. Meskipun kelihatannya menyenangkan dan lucu, tapi karena kucing adalah pemburu, mereka menggunakan 'permainan' seperti itu untuk mengasah keterampilan dasar berburu mereka.

Bahkan jika teman kesayangan Anda yang menggemaskan itu menghabiskan waktu sepanjang hari menanti duduk di ambang jendela, seakan tidak melakukan apa-apa, sebenarnya sesuai dengan naluri dasar mereka, mereka sedang menguntit, untuk mengejar, menjebak, dan memburu suatu mangsa. Jadi, jika Anda ingin kucing Anda riang, sehat, dan berkembang, adalah penting untuk memiliki waktu bermain yang teratur dengan mereka untuk memungkinkan mereka mengekspresikan perilaku berburu alami mereka. Dan inilah alasan mengapa teman Anda yang menggemaskan membutuhkan mainan kucing yang tepat untuk mereka bermain.

Jenis mainan kucing yang akan disukai kucing Anda

Berikut adalah beberapa contoh mainan kucing yang tidak hanya akan merangsang sahabat Anda si kucing untuk lebih aktif, tetapi mereka juga akan senang bermain dengannya:

  1. Mengikat sesuatu dengan benang

    Salah satu cara terbaik untuk meluangkan waktu bermain yang berkualitas dengan kucing Anda adalah dengan menggunakan mainan untuk kucing yang dibuat dengan tali. Ikat saja sesuatu (sebaiknya yang berbulu untuk memberi kesan seakan mereka sedang menangkap burung) dengan benang atau tali dan pancing teman kucing Anda untuk menangkapnya. Ini akan segera menjadi mainan yang disukai kucing Anda. Perhatikan bagaimana mereka menguntit objek, mengejarnya ke sana ke mari, dan melangsungkan 'pembunuhan' dengan menerkam di atasnya. Mainan kucing dengan tali adalah mainan kesukaan kucing mana pun dan juga salah satu mainan untuk kucing paling sederhana yang juga dapat dengan mudah dibuat di rumah.

  2. Membuat mainan kucing di rumah

    Alat permainan untuk kucing tidak harus mahal. Membuat mainan kucing di rumah untuk kucing kesayangan Anda, seperti mainan kucing tali yang disebutkan di atas, hanya salah satu ide. Contoh mainan kucing lain buatan sendiri adalah: gulungan kertas toilet. Mainan kucing buatan sendiri yang hebat ini akan membuat sobat kecil Anda si kucing sibuk selama berjam-jam. Cukup digelindingkan saja di lantai dan lihat kucing Anda mengejarnya. Cara sederhana lain untuk membuat mainan kucing di rumah adalah dengan kaus kaki bekas yang sudah hilang sebelah. Ubah mereka menjadi mainan kucing sederhana yang menghibur dengan mengisinya dengan beberapa kain usang dan dibentuk seperti ikan atau tikus untuk memancing kucing Anda agar menangkapnya. Anda juga dapat mengikatnya dengan tali untuk mengubahnya menjadi mainan kucing tali yang menarik. 

  3. Kastil kardus

    Saat Anda terlalu sibuk untuk bermain dengan kucing kesayangan Anda, biarkan mereka menghibur diri dengan menyediakan mainan untuk kucing yang bisa mereka mainkan sendiri. Salah satu teknik termudah untuk membuat mainan kucing yang disukai kucing Anda adalah kastil yang terbuat dari kotak kardus. Ambil saja salah satu kardus bekas paket pengiriman Anda, potong beberapa lubang yang cukup besar untuk memungkinkan kucing Anda keluar masuk, dan voila, mainan kucing Anda sudah siap! Si raja/ratu kucing Anda pasti akan senang bermain di kastil mereka. Mereka dapat bergerak masuk dan keluar, bersembunyi, dan juga menggaruk mainan kucing sederhana yang serbaguna ini.

  4. Mainan lunak yang diisi catnip

    Mainan catnip adalah mainan yang disukai kucing, karena kebanyakan kucing tergila-gila dengan catnip. Jika kucing Anda adalah salah satunya, mainan kucing dewasa yang diisi catnip ini bisa menjadi hadiah yang sangat digandrungi oleh kucing Anda. Catnip tidak membuat ketagihan dan benar-benar aman untuk kucing Anda, walau mungkin mereka bisa terstimulasi untuk sementara waktu. Anda dapat membeli mainan lunak yang diisi dengan catnip atau membuatnya di rumah sendiri. Cukup masukkan catnip ke dalam kaus kaki atau sarung tangan bekas atau mainan lunak tua, kemudian berikan kepada kucing Anda sebagai mainan kucing dewasa mereka. Mereka akan berusaha penuh membongkar mainan lunak itu untuk mendapatkan catnip yang disembunyikan di dalamnya, sementara Anda bisa tertawa melihat kerajingan mereka.

  5. Tiang garukan

    Salah satu mainan untuk kucing terbaik sekaligus penyelamat furnitur Anda adalah tiang garukan. Kucing suka menggaruk sebagai cara untuk menandai wilayah mereka, dan jika mereka tidak dilengkapi dengan papan atau tiang garukan, mereka akan menggunakan apa pun yang bisa mereka pakai sampai jebol. Tiang garukan memberi opsi bagi kucing Anda untuk menggaruk cakar mereka sepuasnya baik untuk menandai wilayah mereka maupun menajamkan cakar mereka sebagai pemburu tangguh. Dengan tiang garukan ini, furnitur berharga Anda akan diselamatkan dari serangan si meong. Jadi, ini bukan hanya sekedar akan menjadi mainan kesukaan kucing Anda, tetapi juga akan menjadi sesuatu yang paling Anda syukuri! 

  6. Laser

    Bangkitkan naluri berburu kucing Anda dengan senter laser kecil. Perhatikan bagaimana kucing suka mengejar titik laser, permainan laser ini jelas merupakan mainan yang disukai kucing di seluruh dunia. Buat kucing kecil Anda menguntit, mengejar, dan berburu sepuasnya dengan mengarahkan titik laser secara Acak. Menggunakan pena laser untuk bermain dengan kucing adalah salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan anak kucing Anda yang menggemaskan. Selain menyenangkan, Anda tidak perlu membeli mainan untuk kucing yang mahal, dan Anda dapat bermain selama yang Anda suka. Bahkan, jika Anda harus bepergian dengan anak kucing Anda dan hanya dapat membawa satu saja mainan kesukaan kucing, pastikan Anda membawa senter laser ini karena pena ini dapat membuat kucing kecil Anda tetap aktif untuk waktu yang lama.


Pertanyaan Umum tentang Mainan Kucing

  1. Mengapa kucing perlu tiang garukan?

    Sederhananya, untuk menghentikan mereka menggaruk dan merusak furnitur Anda. Kucing perlu menggaruk karena berbagai alasan: untuk menajamkan cakarnya, menandai wilayahnya, dan melatih ototnya. Oleh karena itu, jika Anda tidak memberi mereka papan atau tiang garukan, mereka akan menggaruk apa pun yang bisa mereka temukan.

  2. Apa mainan untuk kucing yang terbaik?

    Mainan apa pun bagus selama itu merangsang naluri berburu kucing mungil Anda, membuat mereka terhibur dan aktif, dan bisa membangun ikatan Anda dengan mereka. Anda dapat mencoba memberikan berbagai jenis mainan yang disebut di atas dan perhatikan mana yang paling disukai kucing Anda.

  3. Apakah mainan catnip baik untuk kucing?

    Tentu! Tapi mainan catnip sebenarnya hanya bagus untuk kucing yang menyukai catnip. Meskipun catnip dapat membuat kucing Anda seakan mabuk, catnip benar-benar aman, tidak membuat ketagihan, dan efeknya juga sangat singkat.

  4. Apakah kucing bisa bosan dengan mainannya?

    Ya, kucing bisa bosan jika disuruh bermain dengan mainan yang sama berulang-ulang. Simpanlah persediaan berbagai jenis mainan untuk menjaga kucing kecil Anda tetap terhibur, dan berikan mereka untuk bermain secara bergilir. Ini akan menjaga mereka tetap riang.