Whiskas imagery
Cari

Masukkan kata kunci di bawah ini untuk mencari artikel dan produk

Apa itu Catnip? Pemakaian dan Efeknya

Apakah Anda ingin tahu apa itu catnip? Sebagai pemilik kucing, Anda pasti menyadari efek catnip pada kucing. Jika Anda belum tahu, maka kami sangat menyarankan Anda menonton beberapa video online. Kombinasi Catnip dan kucing adalah resep untuk Anda tertawa. Sebagian besar kucing akan tergelitik oleh catnip, dan akan berguling atau menggosokkan diri pada catnip dan benda-benda yang diselipkan catnip di dalamnya. Mari kita cari tahu lebih banyak tentang catnip dan bagaimana pengaruhnya terhadap kucing kesayangan Anda.

Apa itu catnip?

Catnip, atau Nepeta Cataria adalah tanaman semak yang tetap hijau sepanjang tahun milik keluarga mint. Tanaman catnip ditemukan paling melimpah di daerah yang cerah, termasuk beberapa negara bagian Amerika Utara dan daerah tertentu di Eropa. Salah satu komponen aktif tanaman catnip adalah nepetalactone, zat yang menyebabkan kucing domestik meresponsnya, walau tergantung pada usia dan ukuran tubuh mereka. Bahan kimia nepetalactone diproduksi oleh tanaman tersebut dalam jumlah kecil yang melapisi daun, polong biji, dan batangnya. Polong biji tanaman ini sering pecah, menyebabkan kucing tertarik padanya.

Tanaman catnip secara liar ditemukan di daerah dengan tanah yang cukup kering. Catnip adalah tanaman berwarna hijau-suram yang memiliki daun berbentuk hati bergerigi, serta batang tebal yang seakan diselimuti bulu halus. Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu catnip, Anda dapat mempelajari berbagai manfaat catnip untuk kucing.

Apa pengaruh catnip pada kucing/Bagaimana cara kerja catnip?

Bahan kimia nepetalactone yang diproduksi oleh tanaman catnip dikenal sebagai agen yang menarik dan memicu respons dan fungsi otak terhadap efek catnip pada kucing. Bahan kimia ini, saat memasuki hidung kucing bertindak sebagai stimulan yang memengaruhi responsnya. Kebanyakan kucing akan berguling-guling atau menggesekkan dirinya pada benda-benda di sekeliling mereka. Nepetalactone umumnya menguasai indera penciuman pada kucing, menyebabkan neuron sensorik di rongga hidung mereka menjadi aktif. Yang selanjutnya memengaruhi pusat kenikmatan pada otak kucing, yang menyebabkan perubahan emosi dan perilaku mereka. Meskipun efek catnip biasanya bertahan selama 10 menit hingga 15 menit, efeknya dapat berbeda berdasarkan apakah kucing Anda menciumnya, atau menelannya.

Memberi makan catnip pada kucing vs membiarkan kucing mencium baunya

Kebanyakan kucing lebih suka mencium bau catnip untuk mendapatkan efek catnip daripada menelannya. Ini adalah karena bila catnip memasuki hidung, catnip akan memicu sinyal sensorik dalam hidung. Mencium catnip untuk kucing biasanya menghasilkan efek yang diinginkan pada titik kenikmatan di otak mereka, yang mana mirip dengan respons seksual. Karena itu, kebanyakan kucing lebih suka mencium bau catnip daripada memakannya.

Mencium bau catnip menyebabkan nepetalactone mengambil alih indra penciuman kucing, yang menyebabkan mereka menjadi hiperaktif atau mengalami ekstasi. Kebanyakan kucing, di bawah pengaruh catnip untuk kucing akan menggosokkan diri mereka pada benda-benda di sekitar mereka atau berguling-guling di lantai. Salah satu manfaat catnip untuk kucing selain dari fungsi catnip yang menyebabkan mereka hiperaktif, adalah untuk membantu mereka menghilangkan stres.

Dalam memakan catnip untuk kucing, ini akan dapat menyebabkan hasil yang sangat berbeda dari hiperaktif. Jika tertelan, catnip akan berfungsi sebagai obat penenang, yang sebenarnya dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi kegelisahan dan mengobati insomnia pada kucing Anda. Memakan catnip juga dapat membantu membersihkan usus kucing Anda, walau bila terlalu banyak fungsi catnip untuk kucing juga dapat menyebabkan mereka sakit perut.

Apakah semua kucing dapat bereaksi terhadap catnip?

Tidak semua kucing dapat mengenal atau tanggap dengan efek catnip. Studi menunjukkan bahwa hanya sekitar 50% hingga 70% kucing di seluruh dunia yang dapat dipengaruhi oleh catnip. Ini karena, preferensi kucing untuk catnip ditentukan secara genetika. Jadi, jika kucing tidak dilahirkan dengan gen untuk mengidentifikasi catnip, catnip akan tidak dapat memberikan efek apa pun pada kucing.

Berapa lama efeknya?

Pada kucing dewasa, efek catnip biasanya berlangsung sekitar 10 menit. Namun, kucing Anda akan membutuhkan waktu hampir dua jam untuk dapat pulih sepenuhnya agar dapat menikmati effek catnip itu kembali. Efek ini biasanya tergantung pada usia dan toleransi sahabat Anda.

Petunjuk penggunaan catnip untuk pemilik kucing - cara memberikan catnip pada kucing

Dengan tips berikut tentang penggunaan catnip, Anda dapat memastikan dosis catnip yang tepat untuk kucing Anda:

  • Jumlah dosis

Sebelum menentukan dosis catnip untuk diberikan kepada kucing Anda, Anda dapat memulai dengan uji penciuman - gosokkan catnip pada mainannya dan lihat bagaimana reaksi mereka terhadapnya. Jika kucing Anda menunjukkan hasil yang diharapkan, Anda bisa memberi mereka catnip dalam dosis kecil. Kebanyakan pemilik kucing biasanya mulai dengan menambahkan satu sendok teh atau sendok makan catnip kering ke dalam mangkuk dan meletakkannya di depan kucing Anda. Bergantung pada respons mereka, Anda dapat mengubah dosisnya. Catnip untuk anak kucing, bagaimanapun, harus diberikan dalam dosis yang lebih kecil, seperti kurang dari satu sendok teh.

  • Frekuensi dosis

Untuk memastikan bahwa sahabat Anda dapat menikmati catnip tanpa menjadi kehilangan kepekaan terhadapnya, Anda harus merencanakan jeda waktu yang cukup di antara pemberian catnip dalam memanjakan mereka. Biasanya, efek catnip bertahan pada kucing selama lebih dari 2 jam sebelum mereka dapat terpengaruh lagi. Umumnya, disarankan untuk memberikan catnip kucing Anda selama waktu bermain mereka, dua atau tiga kali seminggu.

  • Instruksi penyimpanan

Setelah dikeringan, tanaman herba catnip ini perlu dilindungi dengan aman dalam wadah kedap udara untuk menghindari masuknya uap air. Kantong zip kedap udara yang terbuat dari plastik biasanya cocok untuk menyimpan catnip. Anda dapat memastikan catnip Anda tetap awet dan tahan lama tanpa mengurangi potensinya dengan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari cahaya matahari langsung maupun panas. Anda juga harus memastikan bahwa catnip disimpan dengan aman jauh dari jangkauan kucing Anda.

  • Di mana Anda dapat membeli catnip?

Catnip tersedia secara luas untuk kucing di seluruh dunia. Anda dapat memesan catnip dari toko hewan peliharaan di sekitar Anda, atau dengan memesan secara online di forum eCommerce. Catnip biasanya cukup murah dan dapat dibeli oleh semua orang.

  • Cara menanam catnip sendiri

Catnip (Nepeta cataria) merupakan tanaman populer yang paling banyak dicari oleh pemilik kucing. Catnip sebagai herba abadi (herbaceous perennial - tanaman yang pertumbuhannya dapat mati setiap tahun walau akarnya dapat bertahan) berasal dari negara bagian Amerika Utara. Sejalan waktu, catnip telah menjadi tanaman yang populer di rumah pemilik kucing karena perawatannya rendah, dan sangat mudah untuk tumbuh. Anda dapat menanam sendiri catnip dengan mengikuti tips berikut:

  • Kapan menanam –

Catnip lebih menyukai suasana yang cerah. Jadi, waktu yang ideal untuk menanam catnip adalah selama musim semi ketika bulan-bulan musim dingin yang beku telah berlalu.

  • Tempat menanam –

Catnip membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh dan mencapai potensi terbaiknya. Ruang terbuka yang lebar dengan sinar matahari yang cukup pada siang hari adalah yang terbaik untuk menanam catnip. Kebun yang menerima banyak sinar matahari dengan kondisi tanah yang tidak berlumpur sangat baik untuk catnip. Namun, jika Anda tinggal di daerah dengan iklim yang panas dan gersang, penting juga untuk memberi catnip Anda naungan dari teriknya sinar matahari.

  • Menyiram tanaman –

Karena catnip adalah tanaman semak yang tahan kemarau, menyiramnya secara berlebihan malah dapat merusaknya. Sebagai gantinya, Anda bisa menyirami tanaman catnip Anda dengan air dalam jumlah kecil untuk memastikan bahwa tanah di sekitar tanaman itu cukup lembab, namun tidak basah. Setelah setahun tumbuh, tanaman catnip Anda bisa siap diperkenalkan ke sahabat Anda.

Melatih kucing Anda dengan catnip

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menggunakan bubuk catnip untuk pelatihan, kucing peliharaan umumnya memiliki respons positif. Gunakan bubuk catnip sebagai bantuan untuk menstimulir aktivitas mereka dan melatih mereka dengan lebih baik.

  • Mainan catnip

Kucing adalah makhluk yang suka bermain, dan akan merespons sesi bermain mereka dengan baik. Karena kucing memiliki ketertarikan alami terhadap catnip, banyak pemilik kucing sering menggunakan catnip dalam mainan kucing untuk membuatnya lebih menarik dalam interaksinya bersama mereka. Sederhananya, mainan catnip adalah mainan yang mengandung catnip, dan dirancang khusus untuk sahabat Anda. Anda pun dapat membuat mainan mereka yang sudah ada lebih menarik dengan menggosok catnip pada permukaannya. Mainan catnip dapat dibeli secara umum dan tersedia sebagai mainan kunyah dengan ramuan herba catnip yang dikemas tersembunyi di dalamnya. Anda juga dapat membuat mainan catnip buatan sendiri untuk kucing kesayangan Anda dari bahan- bahan yang ada di rumah! Anda hanya perlu sebelah kaus kaki tua, isi catnip kering ke dalamnya, latas jahit atau ikat ujung yang terbuka, dan voila! Mainan catnip buatan Anda siap untuk dimainkan oleh kucing Anda. Walaupun secara komersial ada juga jenis catnip yang dijual dalam bentuk cairan yang dapat disemprotkan ke benda-benda, namun kucing pada umumnya akan lebih menyukai catnip yang segar atau kering karena catnip jenis semprotan ini tidak mengandung nepetalactone yang dapat merangsang pusat sensorik mereka.

  • Instruksi pelatihan

Apa arti catnip bagi kucing? Catnip biasanya besifat sebagai stimulan yang kuat untuk kucing, dan karena itu digunakan oleh sebagian besar pemilik kucing sebagai agen untuk melatih kucing mereka. Kebanyakan kucing memiliki kecenderungan menggaruk furnitur untuk menajamkan kukunya. Anda dapat melatih kucing Anda untuk berhenti menggaruk furnitur dengan mengarahkannya ke tiang garukan yang telah digosok dengan catnip. Anda juga dapat melatih mereka untuk mengenal tempat tidur baru mereka dengan menaburkan sedikit catnip di atas kasur mereka agar membuatnya lebih menarik bagi kucing Anda.

Jika Anda masih bertanya-tanya untuk apa catnip digunakan? Catnip bisa digunakan sebagai agen pendorong pada kucing Anda saat pelatihan. Sebagai hadiah atau penguat positif pada hasil pelatihan yang dilakukan dengan cemerlang, yang juga tentunya mempercepat waktu pelatihan. Anda dapat menambahkan catnip sebagai bagian penting dari rejimen pelatihan Anda dan membantu kucing Anda mempelajari pola perilaku baru yang Anda diinginkan.

Pertanyaan Umum untuk catnip:

  1. Apakah catnip aman?

    Catnip sangat populer digunakan pada kucing. Belum ada bukti yang mendukung klaim bahwa catnip berbahaya atau merugikan kesehatan kucing. Namun, jika Anda memberi kucing Anda yang masih kecil akses pada catnip, pastikan mereka tidak menelan catnip segar maupun kering terlalu banyak, karena dapat mengganggu sistem pencernaan mereka. Walaupun begitu, ini biasanya tidak akan menimbulkan ancaman yang parah karena kebanyakan kucing mampu menyesuaikan keadaan tubuh mereka sendiri terhadap catnip.

  2. Bisakah kucing mengalami overdosis dengan catnip?

    Apakah catnip aman untuk kucing? Meskipun belum pernah ada kejadian yang menunjukkan kemungkinan adanya kucing mengalami overdosis dengan catnip, setelah berada di bawah pengaruh catnip, biasanya kucing membutuhkan waktu sekitar dua jam sebelum dapat kembali merasakan pengaruhnya. Bagaimanapun, menelan catnip berlebihan bisa menjadi masalah, karena kucing Anda bisa mengalami sakit perut.

  3. Pada usia berapa Anda bisa memberikan catnip ke kucing?

    Tidak ada usia khusus untuk mulai mengenalkan kucing ke catnip. Meskipun catnip tidak memiliki efek merugikan pada anak kucing, kucing membutuhkan setidaknya 6 bulan atau 1 tahun untuk menerima reaksi yang diinginkan dari catnip. Namun, sebagian kucing membutuhkan waktu lebih lama, bahkan tahunan, untuk mengembangkan kepekaan mereka terhadap catnip.

  4. Mengapa kucing suka catnip?

    Kucing dikenal dengan ketertarikan mereka terhadap catnip. Studi terbaru dalam hal ini telah menunjukkan bahwa nepetalactone, komponen integral yang ada dalam catnip, bertanggung jawab atas ketertarikan ini. Catnip adalah tanaman yang termasuk dalam famili yang sama dengan mint. Nepetalactone, dapat masuk ke hidung kucing, dapat merangsang neuron sensorik mereka. Nepetalactone diketahui meniru cara bekerja feromon kucing, yang mengirimkan sinyal pemicu ke otak dengan meniru respons seksual. Inilah sebabnya mengapa kucing menyukai catnip.