Negara

Cara Memilih Kucing

Selamat! Kamu telah memutuskan untuk mendapatkan seekor kucing. Tapi jenis apa yang cocok untukmu? Apakah kucing purebreed? Yang berambut panjang, atau pendek? Jantan atau betina? Kamu mungkin bimbang, apakah kamu harus mempunyai dua kucing atau lebih banyak lagi, mungkin menjadi  lebih seru, atau agar kucingmu punya banyak teman.

Berikut beberapa tips cara memilih anak kucing sehingga anda tidak akan salah pilih :

Kucing purebreed atau mixbreed

Satu hal yang pasti – kamu mempunyai banyak pilihan. Ada sekitar 40 – 80 jenis ras kucing dari 500 spesies . Dan mereka semua berbeda – dari kucing siam yang terkenal, campuran antara Burma dan Persia, si manx yang tak berekor atau kucing sphinx yang tak berbulu, masing – masing memiliki kepribadian dan prilaku yang berbeda. Misalnya, kucing siam terkenal sebagai kucing ekstrovert, sementara kucing Persia yang berbulu panjang biasanya lebih santai. Banyak cara agar kamu dapat mengetahui  lebih dalam mengenai ras kucing yang berbeda – beda. Coba Whiskas Breed Selector untuk mencari tahu jenis yang apa yang paling cocok dengan gaya hidup mu. Kamu dapat mencari informasi dari website atau membeli bukunya, atau mungkin juga kamu dapat mengunjungi kompetisi kucing  - walaupun nantinnya mungkin kamu akan melihat banyak kucing yang menggemaskan yang ingin kamu bawa pulang! Kenyataanya kucing dengan purebreed bukanlah segala – kebanyakan orang tidak memilih kucing purebreed sama sekali. Bagi mereka, kucing mixbreed  untuk mereka. Kucing mixbreed lebih banyak variasinya, dengain berbagai macam warna dan jenis bulu – dan harganya lebih terjangkau!

Baca Pula : Tips cara memilih anak kucing

Bulu yang panjang atau pendek?

Kucing dengan bulu yang panjang akan terlihat lebih cantik. Tapi ingat – mereka akan membutuhkan perawatan setiap hari agar bulu – bulunya tidak kusut dan selalu terlihat bagus. Memberikan  perawatan yang rutin adalah cara terbaik untuk membangun hubunganmu dengannya – dia sangat menyukai perhatian! Jika, kamu tidak memiliki banyak waktu untuk memperhatikannya setiap hari, kucing dengan bulu yang pendek dapat menjadi pilihanmu.

Jantan atau betina?

Kucing jantan biasanya lebih besar dibandingkan betina. Jika tidak dikebiri kucing jantanmu akan sering berkeliaran dan berkelahi dengan kucing lainnya. Kucing Jantan akan menandai daerah kekuasaanya dengan urine atau meninggalkan kotorannya tanpa dikubur. Ini adalah perilaku yang biasa bagi untuk mereka, tapi tidak bagimu!

Jika kamu memiliki kucing betina yang belum dikebiri, secara konsisten dia akan selalu melewati musim kawin. Ketika dia sedang bergairah, membuatnya sedikit lebih gaduh – dan kucing jantan akan sangat tertarik dengan perilaku ini. Ini memumgkinkan si betina menjadi hamil.

Jika kamu tidak ingin mendengar bunyi dari cakarnya, lebih dia dikebiri.  kebiri memiliki prosesnya sangat sederhana dan kamu akan tidak akan lagi melihat perilakunya yang menganggumu.

Satu atau lebih?

Pertanyaan ini akan menjadi sangat sulit untukmu – dan sebenarnya ini semua tergantung pada kucing itu sendiri. Beberapa jenis kucing senang hidup berkelompok bersama kucing lainnya, sementara kucing lainnya lebih senang menyendiri – atau hanya berdua denganmu! Jika kamu telah memiliki kucing dewasa, kamu akan lebih mudah mengetahui  apa yang dia suka. Jika kamu sering keluar rumah, kamu mungkin ingin mendapatkan dua kucing atau lebih – dengan begitu mereka dapat saling menemani. Pertimbangkan untuk mendapatkan kucing dari tempat yang sama – hubungan yang mereka jalin sejak kecil akan membantunya bergaul sebagai kucing dewasa. Ukuran besar rumahmu juga dapat dijadikan pertimbangan. Seperti manusia, kucing tidak senang berada di tempat yang terlalu ramai – mereka senang mempunyai tempatnya sendiri. Setidaknya kamu harus mempunyai satu kamar untuk setiap kucingmu. Dengan begitu, setiap kucingmu akan memiliki lahannya sendiri. Kamu juga membutuhkan mangkuk makan dan air, tempat tidur dan toilet yang berbeda – beda untuk setiap kucing, hal ini untuk dapat memenuhi nalurinya yang senang kebebasan.

di mana untuk mendapatkan kucingmu Setalah kamu memutuskan untuk mendapatkan kucing, tanya teman atau tetanggamu. Seseorang yang kamu kenal menjual kucing atau anak kucing, atau seseorang yang mengetahui informasi tersebut. Alternatif lainnya, kamu bisa mencoba mencari di majalah atau mencarinya melalui media online. Kamu juga bisa mengunjungi tempat penampungan hewan di daerahmu – biasanya mereka memiliki kucing dan anak kucing yang membutuhkan rumah yang lebih layak.

Sebaiknya hindari penjual yang sering membeli anak kucing dari tempat yang berbeda- beda. Anak kucing itu mungkin telah dipisahkan dari ibunya saat dia baru lahir, atau sudah melawati perjalanan yang jauh, dan mereka memiliki resiko jauh lebih besar akan penyakit dan stress. untuk mempertimbangkan pilihanmu, kamu dapat bertanya kepada dokter hewan terlebih dahulu, untuk dapat memastikan riwayat dan kesehatan dari kucing tersebut.

Jika kamu memutuskan untuk membeli kucing purebreed, sebaiknya kamu membeli dari penjual yang tepercaya. Kamu dapat meminta referensi dari dokter hewan atau pemilik kucing lainnya. Kamu juga dapat mencari di bagian kolom iklan koran dan majalah, atau mengunjungi komprtisi kucing. Cobalah bertanya pada kelompok pencita kucing di daerahmu, agar mereka dapat memberitahumu penjual yang terpercaya.

Apa yang harus diperhatikan

Jika memungkinkan, carilah anak kucing yang masih tinggal bersama dengan ibunya. Dengan begitu, kamu dapat melihat kesehatan dan prilaku si ibu. Walaupun ibunya terlihat tidak begitu sehat karena sibuk mengurus bayinya  –  tapi setidaknya kamu dapat memastikan bahwa anak kucing yang kamu inginkan tidak dipisahkan terlalu dini atau dibawa ke tempat lain.

Sebaiknya tunggulah sampai anak kucing berumur 7 – 8 bulan sebelum kamu mengambilnya dari sang ibu. Beberapa penjual kucing kucing purebreed biasanya akan menahan anak kucingnya hingga berumur 12 bulan. Sebaiknya  lihat-lihatlah dahulu sebelum membeli – cobalah untuk melihat dari tempat yang berbeda sebelum menentukan pilihanmu.  Belilah kucing hanya dari tempat yang layak, kebersihannya terjamin dan membuatnya kucing terbsebut terlihat bahagia.

Setelah anda sudah memutuskan anak kucing yang mana yang akan anda pilih, maka akan lebih baik membaca tips mempersiapkan kedatangan anak kucing anda di rumah. Sehingga anda tahu hal apa saja yang harus anda persiapkan untuk menyambutnya di rumah.

®/TM Trademarks of Mars, Incorporated and its affiliates.
© Mars, Incorporated, 2017. All rights reserved