Whiskas imagery
Cari

Masukkan kata kunci di bawah ini untuk mencari artikel dan produk

Ras Kucing Bengal

Keturunan kucing Bengal sangatlah cantik dan terlihat menyerupai macan tutul mini yang jinak dikarenakan bintik-bintik di tubuhnya dan bentuk badannya yang berotot. Tahukah Anda bahwa ras ini awalnya bernama Leopardette karena alasan itu?

Dari Sejarah kucing Bengal diketahui bahwa kucing macan tutul (Leopardette) atau kucing Bengal, seperti yang dikenal sekarang, adalah hasil dari percobaan yang gagal. Pada tahun 1970-an, para ilmuwan mencoba mengawin-silangkan kucing domestik berbulu pendek dengan kucing liar, macan tutul kecil - asli Asia Tenggara. Percobaan tersebut dilakukan untuk memperkenalkan kekebalan alami kucing liar terhadap penyakit Leukemia (Feline Leukaemia - FeLV) pada kucing domestik, namun sayangnya tidak berhasil. Tetapi, hibrida yang dihasilkan disilangkan lagi dengan berbagai jenis keturunan kucing seperti kucing Egyptian Mau, kucing Bombay, kucing Abyssinian, dan kucing British Shorthair, yang mana kemudian menghasilkan ras cantik ini – kucing Bengal.

Dengan mengingat sejarah kucing Bengal, kucing Bengal akan membawa secebis Hutan ke ruang tamu Anda dengan tampilannya yang menyerupai kucing liar yang agung. Namun, kucing yang sangat lembut ini sama sekali tidak liar. Karakter kucing Bengal dipenuhi keramahan dan kasih sayang, selain menyimpan banyak energi. Mereka adalah salah satu ras kucing terpintar yang ada, kucing Bengal yang cantik juga mudah dilatih dan bisa sangat menghibur.

Namun, ada satu peringatan bagi pemilik pertama kali, Bengal dapat bersifat teritorial, jadi jika Anda memiliki hewan peliharaan lain di rumah atau bayi atau anak-anak kecil, yang terbaik adalah dengan mendapatkan kucing Bengal Anda sejak mereka masih kecil. Karena itu, perlu diperhatikan karena anak kucing Bengal sangat energik, mereka membutuhkan banyak waktu bermain untuk tetap sehat secara fisik dan mental.

Ciri-ciri kucing Bengal adalah:

Petunjuk utama:

  • Berat  – 12 sampai 22 pon. 
  • Tinggi - 13 sampai 16 inci.
  • Umur - 12 - 20 tahun. 
  • Mantel bulu - Mewah, bulu yang halus dan lembut saat disentuh.

Rangking:

  • Keramahan – ⭐⭐⭐
  • Kemampuan beradaptasi – ⭐⭐⭐⭐
  • Perilaku terhadap hewan lain – ⭐⭐⭐⭐
  • Perilaku terhadap manusia – ⭐⭐⭐
  • Keceriaan – ⭐⭐⭐⭐⭐
  • Kecenderungan obesitas – ⭐
  • Kesehatan secara keseluruhan - ⭐⭐⭐⭐
  • Harapan hidup – ⭐⭐⭐⭐
  • Mudah dilatih - ⭐⭐⭐⭐
  • Disarankan untuk pemilik pertama kali – ⭐

Satu bintang = rendah/buruk
Lima bintang = tinggi/bagus

Penampilan

Hal pertama yang pasti Anda perhatikan dari kucing Bengal adalah bulunya. Pola bintik atau corak marmer yang mencolok berwarna coklat, perak, putih salju dan biru di tubuh mereka akan mengingatkan Anda pada nenek moyang mereka. Bulu mereka pendek serta lembut dan halus saat disentuh.

Ras kucing Bengal memiliki ciri khas dengan kepala bulat yang kecil, telinga runcing, mata besar dengan warna coklat, hijau, jingga, dan kuning yang cantik, serta tubuh yang sangat berotot, lincah dengan kaki belakang yang lebih kuat. Ciri-ciri lain kucing Bengal adalah bobotnya bisa sama seperti pada kebanyakan ras kucing yang didomestikasi lainnya, tetapi ukuran kucing Bengal terlihat jauh lebih besar, berkat tubuh mereka yang tegap.

Kesehatan

Kucing Bengal termasuk ras kucing yang lebih sehat, namun ada beberapa penyakit yang dapat mengganggu kucing kesayangan Anda ini. Anda perlu mewaspadai penyakit-penyakit ini untuk memastikan kucing Bengal Anda berumur panjang dan selalu sehat.

Penyakit jantung

Sama seperti ras kucing lainnya, hypertrophic cardiomyopathy (HCM) yang menyebabkan otot jantung menjadi lebih tebal dari biasanya adalah penyakit yang umum terjadi pada kucing Bengal. Waspadai gejala seperti:

  • Sesak nafas
  • Denyut nadi yang lemah
  • Detak jantung yang mencepat
  • Kekurangan tenaga
  • Pernafasan yang tidak stabil

Jika Anda melihat salah satu gejala yang seperti di atas, segera konsultasikan ke dokter hewan karena HCM dapat menyebabkan gagal jantung kongestif dan kematian dini.

  • Alergi terhadap obat bius –

    Anak kucing Bengal, mempunyai alergi terhadap obat bius. Bahkan mereka bisa mati karena gagal jantung yang diakibatkan oleh reaksi alergi dari obat bius. Oleh karena itu, pastikan Anda berhati-hati saat kucing Bengal Anda menjalani operasi apapun, termasuk sterilisasi.

  • Masalah mata – /h3>

    Ras kucing Bengal secara genetik rentan terkena penyakit mata seperti katarak dan atrofi retina. Jadi, pastikan Anda memeriksakan mata kucing Bengal Anda secara rutin untuk mencegah penurunan kualitas penglihatan dan bahkan resiko kebutaan.

Perawatan

Kucing adalah hewan yang bersih yang suka menjaga diri mereka selalu terawat rapi. Dibandingkan dengan banyak anak kucing lainnya, karakteristik kucing Bengal termasuk dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan dan merawat diri mereka sendiri. Namun, menyikat bulunya secara teratur tidak hanya membuat mereka terlihat anggun, tetapi juga membuat kucing Bengal Anda merasa senang karena diperhatikan.

Sesekali memandikan mereka juga akan membuat mereka gembira, sehat, dan baik  untuk perkembangan mereka karena kucing Bengal menyukai air, tidak seperti kebanyakan ras kucing lainnya. Anda juga harus memotong kukunya, menyikat giginya, dan membersihkan telinganya secara teratur untuk memastikan kucing Bengal kesayangan Anda tetap sehat.

Bermain

Kucing Bengal putih termasuk salah satu ras kucing yang paling lucu dan cerdas. Sangat penting untuk membuat mereka tetap terhibur dengan berbagai jenis mainan. Kucing Bengal yang bosan sangat dikuatirkan dengan daya rusak mereka, barang-barang di sekitar bisa rusak karenanya, dan mereka mudah menjadi menjadi pemarah dan murung.

Dan, jangan berpikir kalau barang-barang berharga Anda yang mudah pecah akan aman jika disimpan di rak paling atas, karena kucing Bengal ini adalah pemanjat yang hebat, ini semua berkat nenek moyang mereka yang memang kucing liar. Juga, jangan memandang enteng ukuran kucing Bengal, karena karakteristik kucing Bengal bukan hanya kemampuan mereka yang dapat memanjat rak paling atas dengan mudah, tapi kelincahan mereka yang luar biasa bisa memastikan mereka dapat menjangkau setiap sudut rumah dengan singkat. Biarkan kucing Bengal putih Anda memanjat pohon yang paling tinggi untuk memuaskan keinginan memanjat mereka.

Jika Anda harus meninggalkan kucing Bengal Anda untuk waktu yang cukup lama, disarankan untuk menyediakan berbagai jenis mainan yang dapat merangsang mereka secara mental maupun fisik, atau lebih baik lagi, dapatkan hewan peliharaan lain yang dapat membuat kucing Bengal kesayangan Anda tetap sibuk. Ciri-ciri kucing Bengal adalah kembutuhan mereka akan hiburan yang konstan dan waktu bermain yang lama, seperti halnya makanan dan air.

Pertanyaan Umum tentang kucing Bengal

  1. Apakah kucing Bengal rukun dengan hewan peliharaan lain?

    Ras kucing Bengal adalah teritorial. Namun, salah satu dari ciri-ciri kucing Bengal adalah kemampuannya untuk bergaul dengan hewan peliharaan yang telah didomestikasikan lainnya jika mereka saling diperkenalkan pada saat mereka masih kecil. Kucing Bengal dewasa dapat mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan hewan peliharaan lain jika mereka belum mengerti tentang bagaimana cara bersosialisasi sejak usia muda. Ketika bayi kucing Bengal tumbuh dengan hewan peliharaan lainnya, mereka bisa menjadi sangat penyayang dan baik hati.

  2. Apakah kucing Bengal ramah?

    Kucing Bengal tergolong sangat ramah, penyayang, dan penuh kasih terhadap tuan mereka. Karakteristik kucing Bengal membuat mereka sangat suka bermain dan jika Anda menghabiskan waktu bermain dengan mereka, kucing Bengal putih Anda akan menyukainya. Kucing Bengal putih suka bercengkrama dan bermanja mendekam, serta senaknya tidur di pangkuan Anda setelah seharian bermain atau membuat onar.

  3. Berapa lama kucing bengal bisa bertahan hidup?

    Kucing Bengal adalah salah satu ras kucing yang paling sehat, dan mereka dapat hidup cukup lama, antara 12 hingga 16 tahun, jika mereka dirawat dengan baik. Namun, jenis kucing ini juga rentan terhadap beberapa penyakit yang umum dan memerlukan pemeriksaan rutin untuk memastikan mereka sehat dan berkembang dengan baik.

  4. Apakah kucing Bengal mudah dirawat?

    Kecantikan kucing Bengal membutuhkan perawatan yang sangat sedikit karena mereka memiliki rambut pendek dan mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk membersihkan diri. Namun, mereka dapat berkembang dengan lebih baik bila mendapat perhatian dari orang yang mereka cintai. Oleh karena itu, menyikat bulu mereka secara teratur tidak hanya akan membuat mereka bahagia tetapi juga membuat bulu mereka lebih berkilau dan lebih halus. Mereka juga membutuhkan perawatan umum secara rutin yang biasanya diperlukan oleh sebagian besar kucing domestik lainnya, seperti mandi, memotong kuku, membersihkan telinga, dan menyikat gigi. Secara keseluruhan, kucing Bengal adalah salah satu ras yang paling mudah dirawat.

  5. Apakah kucing Bengal suka mandi?

    Terlepas dari mantel bulu yang bermotif macan tutul mereka, hal lain yang membuat ras kucing Bengal itu unik adalah kecintaan mereka yang luar biasa terhadap air. Ciri-ciri kucing Bengal lainnya adalah ketertarikan mereka terhadap air. Kebanyakan kucing Bengal akan dengan senang hati meluncur, berenang, dan mencelupkan kaki mereka setiap kali mereka melihat genangan air. Tentu saja, terkadang ada kucing Bengal yang membenci air sama seperti keturunan kucing lainnya. Tetapi jika kucing Bengal Anda menyukai air, Anda sebaiknya memandikan kucing Bengal Anda secara teratur meskipun mereka mungkin tidak memerlukannya. Kucing Bengal kesayangan Anda akan berterima kasih pada Anda atas semua perhatian dan percikan airnya.

Whiskas brand imagery