Whiskas imagery
Cari

Masukkan kata kunci di bawah ini untuk mencari artikel dan produk

Suara Kucing & Anak Kucing beserta Artinya

Bagaimana kucing mengekspresikan diri mereka melalui suara?

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kucing mendengkur, terutama, mengapa kucing mendengkur purr saat berada di dekat kita? Tidak seperti anjing, kucing biasanya tidak memiliki kemampuan untuk mengekspresikan diri melalui ekspresi yang bervariasi. Secara alami, kucing biasanya lebih pendiam, membuat perilaku mereka cukup rumit untuk dimengerti.

Jadi, jika Anda ingin tahu mengapa kucing mendengkur atau mengapa kucing suka mendengkur purr, ketahuilah bahwa kucing adalah makhluk yang sangat vokal. Artinya, mereka lebih suka berkomunikasi melalui suara kucing mereka, yang biasanya melalui variasi nada dan vokalisasi. Jika Anda sudah lama menjadi pemilik kucing, Anda mungkin sudah tahu mengapa kucing mendengkur purr, dan memiliki pemahaman tersendiri tentang apa yang coba dikatakan oleh kucing Anda melalui suara mereka.

Namun, jika Anda perhatikan dengan jeli perubahan tipis dalam suara yang mereka buat, Anda pasti dapat mengerti kucing kesayangan Anda dengan jauh lebih baik. Seperti misalnya dengan memahami mengapa kucing mendengkur, Anda akan dapat menumbuhkan ikatan yang lebih dalam dengan mereka.

Jenis suara yang bisa dibuat oleh kucing

Kucing biasanya dapat mengekspresikan diri melalui variasi nada dan vokalisasi mereka. Berikut ini adalah jenis suara paling umum yang dapat dibuat kucing termasuk mengapa kucing mendengkur, terutama, mengapa kucing mendengkur purr saat berada di dekat kita:

  1. Meongan panjang –

    Tahukah Anda bahwa meongan kucing kebanyakannya adalah sebagai bentuk komunikasi dengan manusia? Suara meong kucing yang panjang dan berlarut-larut biasanya dipahami sebagai panggilan untuk mendapatkan perhatian. Yang mana, ini berarti sahabat Anda sedang gelisah, dan mereka ingin Anda mengerti apa yang mereka alami. Ini juga dapat menunjukkan bahwa kucing Anda sedang membutuhkan sesuatu, seperti makanan. Namun, suara meong kucing yang bernada tinggi dapat juga diartikan sebagai tanda kesal.

  2. Meongan pendek –

    Anda pasti sudah tahu tentang mengapa kucing mendengkur dan arti kucing mendengkur purr, tetapi tahukah Anda bahwa suara kucing dengan meongan pendek adalah suara kucing yang paling umum? Sebenarnya, ini adalah merupakan tanda salam, atau cara kucing Anda untuk menyapa! Suara meong kucing yang pendek ini mungkin tidak selalu berarti ada yang penting atau genting. Namun, inilah momen di mana sahabat Anda ingin menyatakan bahwa mereka senang melihat Anda, dan menginginkan pelukan dan elusan yang layak dari Anda. Bisa saja meong seperti ini adalah cara kucing Anda mengucapkan selamat pagi kepada manusia kesayangannya!

  3. Kicauan –

    Jika pertanyaan paling besar pemilik kucing adalah mengapa kucing mendengkur atau apa arti kucing mendengkur purr, pertanyaan yang kedua terbesar adalah mengapa mereka berkicau? Induk kucing terutamanya, sering menggunakan suara kicauan yang bergetar sebagai isyarat agar anak kucing mereka mengikutinya. Jika anak kucing Anda meniru suara kicau di sekitar Anda, itu bisa berarti bahwa anak kucing Anda ingin Anda mengikutinya. Kucing dewasa pun menggunakan suara kicauan untuk menunjukkan bahwa mereka ingin diikuti, biasanya ke mangkuk makanan mereka. Suara kicauan juga cukup umum dibuat oleh kucing sebagai cara untuk saling berbicara satu sama lain.

  4. Dengkuran –

    Jika Anda bertanya-tanya mengapa kucing mendengkur dan ingin menguraikan apa itu arti kucing mendengkur purr, jawabannya adalah, kebanyakan kucing mendengkur purr karena merasa senang dan puas. Kucing mendengkur purr adalah umum, dan pada anak kucing juga kucing yang baru dewasa, perilaku kucing mendengkur purr biasanya menunjukkan suasana hati yang riang. Suara riang ini juga sering mereka keluarkan di saat mereka menikmati makanan. Namun, kucing dapat pula mendengkur untuk menenangkan atau menghibur diri mereka sendiri selama sakit, gelisah, atau tertekan. Kini, dengan Anda memahami mengapa kucing mendengkur, perhatikanlah apakah kucing mendengkur Anda menunjukkan tanda-tanda ke gelisahan yang dapat membantu Anda menyibak masalah kesehatan yang mungkin mereka sedang alami.

  5. Raungan –

    Sebaliknya, jika kucing mendengkur purr menandakan suatu bentuk kebahagiaan, kucing yang meraung seperti suara meong yang keras dan berlarut-larut biasanya menandakan bahwa kucing Anda sedang dalam kesulitan besar. Kucing dapat meraung ketika mereka terjebak di suatu tempat yang membutuhkan bantuan Anda dengan segera, atau ketika mereka mengalami tekanan fisik yang mungkin memerlukan perhatian profesional. Namun, seiring dewasanya kucing, meraung adalah juga bagian dari ritual kawin mereka.

  6. Tangisan -

    Tangisan anak kucing biasanya menunjukkan bahwa mereka sedang mencari sesuatu, atau memanggil induknya atau anak kucing lainnya. Namun, jika tangisan kucing kesayangan Anda berkepanjangan untuk waktu yang lebih lama, ini juga dapat berarti ada sesuatu situasi kesehatan yang membuat mereka menderita. Memperhatikan tangisan kucing Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi kemungkinan masalah kesehatan yang serius dan memastikan mereka mendapat perhatian medis yang tepat pada waktunya.

Selain suara-suara kucing seperti yang disebutkan di atas, kucing juga bisa mengeluarkan suara lain, seperti menggeram dan mendesis. Sama seperti bila kucing mendengkur purr berarti menandakan mereka sedang senang, mendesis bisa berarti kucing Anda sedang kesal dan ingin dibiarkan sendiri. Suara jeritan kucing yang aneh seperti mendesis ini juga dapat terjadi pada kucing yang ketakutan atau gelisah.

Bagaimana cara menenangkan seekor anak kucing yang sedang menangis?

Jika anak kucing Anda menangis untuk waktu yang lama, itu bisa berarti ia sedang menahan sakit atau kesal, dan perlu dihibur dan ditenangkan. Anda dapat menenangkan anak kucing Anda dengan langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Anda dapat mencoba memegang anak kucing Anda. Anak kucing biasanya merasa aman dan nyaman saat dipegang dan dibelai. Membelai sangat bermanfaat karena dapat mensimulasikan bagaimana induk kucing yang sedang merawat anak kucingnya, dan membantu anak kucing itu bersosialisasi. Anda juga dapat menggunakan kedua tangan untuk mengambil dan memegang anak kucing kesayangan Anda dengan lembut. Atau, Anda juga bisa membiarkannya meringkuk ke dalam pelukan Anda, karena ini akan menghasilkan rasa aman yang dapat membantu menenangkan anak kucing yang menangis.
  • Membelai anak kucing yang menangis dengan lembut dapat membantunya menjadi tenang dan akhirnya berhenti menangis. Anda dapat membelainya dengan lembut di kepala, punggung, dan di bawah dagunya. Membelai juga membantu Anda mengembangkan ikatan yang lebih dalam dengan anak kucing Anda. Berbicaralah dengannya dengan lembut, dan dengan suara yang tenang untuk membantu mengalihkan perhatiannya. Selain itu, memberinya camilan atau mainan favoritnya juga terbukti efektif dalam menenangkan anak kucing yang menangis.

Bagaimana cara berkomunikasi dengan kucing Anda?

Kucing adalah makhluk sosial yang dapat dengan mudah mengembangkan ikatan dengan manusia kesayangan mereka melalui komunikasi yang aktif. Anda dapat berkomunikasi dengan kucing yang sedang mendengkur dengan mengamati bahasa tubuh mereka dengan cermat. Walau Anda sudah memahami arti kucing mendengkur dan mengapa kucing mendengkur purr, namun kucing juga dapat mengekspresikan banyak hal melalui mode komunikasi nonverbal, seperti gerakan ekor dan telinga mereka, dan sudah tentu dengan dengkuran purr mereka. Sekali lagi, walau Anda sudah tahu mengapa kucing mendengkur dan mengapa kucing suka mendengkur purr, namun dengan menatap mata kucing Anda, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk berinteraksi dengan mereka, seperti dengan memperhatikan kedipan mereka yang lambat, tatapan panjang mereka, dan pupil mata mereka yang melebar, yang mana semua itu adalah tanda bahwa kucing Anda memercayai Anda dan menyayangi Anda. Bentuk komunikasi nonverbal lainnya termasuk bagaimana kucing Anda bergesekan dengan Anda, menyentuh Anda dengan hidung mereka yang basah, menyundul kepala Anda dengan canda sayang, meremas atau bahkan menjilat Anda.

Jika Anda memahami maksud kucing yang sedang mendengkur dan mengetahui mengapa kucing mendengkur purr, berarti Anda juga dapat berkomunikasi dengan kucing Anda dengan berbicara dengan nada lembut dan tenang. Selain itu, komunikasi nonverbal bisa sangat membantu dalam berinteraksi dengan kucing Anda. Beberapa cara umum untuk berkomunikasi secara nonverbal dengan kucing Anda dapat mencakup:

  • Tatap mata kucing Anda dan berkedip perlahan
  • Beri isyarat dengan tangan Anda seperti menepuk lembut. Sebagai contoh, Anda dapat mengajak kucing Anda untuk berbaring dengan Anda untuk bermanja dengan menepuk-nepuk tempat kosong di sebelah Anda dengan lembut.
  • Hindari menjerit kepada kucing Anda.

Apakah Anda perlu memanggil dokter hewan?

Kunjungan rutin ke dokter hewan adalah penting untuk memastikan bahwa kucing Anda bebas dari risiko masalah kesehatan yang dikhawatirkan. Bahkan, makna dari kucing mendengkur pun bisa berarti ada sesuatu yang mungkin mereka derita. Di sisi lain, tangisan dari anak kucing tidak harus selalu berarti mereka memerlukan perhatian medis. Maka, dengan memahami gejala mereka, ini akan membantu Anda mengidentifikasi urgensinya. Anda dapat mencari tanda-tanda berikut untuk memastikan apakah Anda perlu menghubungi dokter hewan:

  • Cari tanda-tanda yang menunjukkan apakah mereka menderita sesuatu. Makna kucing mendengkur yang dibarengi dengan suara raungan dan tangisan sambil bersembunyi untuk waktu yang berkepanjangan dapat menunjukkan adanya suatu keadaan yang membuat mereka menderita. Anda juga dapat mengamati dengan cermat perilaku yang tampaknya tidak umum dengan pola perilaku kucing Anda.
  • Periksa kotak pasir kucing Anda untuk memastikan tidak adanya sesuatu yang dicurigai untuk mendapatkan perhatian segera dari seorang profesional. Membuang air kecil di luar kotak pasir dan diare dapat mengacu ke masalah kesehatan yang mungkin memerlukan perawatan.
  • Anda harus memperhatikan gejala lain yang dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah kucing Anda memerlukan kunjungan ke dokter hewan. Muntah yang berlebihan, kelelahan, dan perubahan nafsu makan dan pernapasan dapat memerlukan layanan kesehatan profesional.

Pertanyaan Umum tentang Suara Kucing

 

  1. Apa saja jenis suara kucing?

    Kucing adalah makhluk sosial yang sering menggunakan suara untuk berinteraksi dengan kucing lain, serta pemilik mereka. Tergantung pada suara kucing yang dihasilkan, vokalisasi dan nadanya, semua ini dapat berarti banyak hal. Memperhatikan suara-suara ini dapat membantu Anda memahami kucing Anda dengan lebih baik dan memahami apa yang coba dikomunikasikan oleh mereka. 

  2. Mengapa kucing saya membuat suara-suara aneh?

    Jika kucing Anda mengeluarkan suara aneh seperti meraung atau jika suara kucing Anda terdengar seperti menangis yang berkepanjangan, biasanya ini menunjukkan bahwa kucing Anda sedang kesal dengan sesuatu, atau sedang mengalami tekanan dan kegelisahan. Anda dapat membantu kucing Anda untuk tenang dan menghentikan suara kucing Anda yang seperti sedang menangis dengan memegang mereka dengan lembut, membelai kepala mereka dan di bawah dagu mereka, serta dengan memberi mereka camilan dan mainan favorit mereka.

  3. Mengapa kucing berkicau?

    Suara kicauan umum dibuat baik oleh kucing dewasa maupun anak kucing. Induk kucing dapat menggunakan suara kicauan yang bergetar untuk memberi isyarat agar anak kucing mereka mengikutinya. Sedangkan, kucing dewasa Anda pun bisa meniru suara kicauan ini bila mungkin ingin mengajak Anda menemani atau mengikuti mereka.

  4. Mengapa kucing saya mengeong di malam hari?

    Kebanyakan kucing bersifat nokturnal, artinya mereka lebih aktif di malam hari. Meskipun sebagian besar kucing domestik terbiasa dengan waktu yang diikuti oleh tuan mereka, beberapa kucing menunjukkan kecenderungan alami untuk lebih aktif di malam hari. Mengeong adalah hal yang umum untuk kucing dari segala usia. Namun, jika kucing Anda mengeong terutama di malam hari, itu berarti bisa saja kucing Anda merasa bosan, dan ingin keluar. Namun, kucing yang mengeong-ngeong untuk waktu yang berkepanjanagn dapat menunjukkan adanya kemungkinan masalah kesehatan pada mereka.