Whiskas imagery

Negara

Pertumbuhan Anak Kucing & Perkembangan

Apakan Anda menginginkan anak kucing sebagai hewan peliharaan?

Tahap pertumbuhan dan perkembangan anak kucing

Apakan Anda menginginkan anak kucing sebagai hewan peliharaan? Pemilik kucing mana pun akan mengatakan bahwa memiliki bayi kucing di rumah adalah suatu kegembiraan yang tak terbandingkan. Namun, membesarkan anak kucing juga merupakan suatu tanggung jawab yang besar. Jadi, mengetahui cara merawatnya dengan benar adalah sangat penting.

Seberapa cepat anak kucing tumbuh?

Anak kucing tumbuh sangat cepat, bisa mencapai dewasa pada usia sekitar 10-12 bulan. Pertumbuhannya akan melambat pada saat mereka mencapai sekitar 30 minggu. Walau sesuai dengan ras tingkat pertumbuhan mereka bisa bervariasi, pada bulan-bulan awal setelah kelahiran anak kucing adalah sangat penting untuk setiap ras. 

Mengapa tahap pengembangan awal penting?

Perawatan yang tepat pada bulan-bulan awal adalah penting untuk pertumbuhan anak kucing dan kesehatan serta kesejahteraannya seumur hidup. Nutrisi dan lingkungan yang tepat diperlukan tidak hanya untuk perkembangan kucing dari lahir, tetapi juga untuk ketahanan hidup mereka di bulan-bulan awal setelah lahir. 

Oleh karena itu, mengetahui tentang berbagai tahap pertumbuhan anak kucing dan memberikan perawatan terbaik yang diperlukan pada setiap tahap buat si kecil adalah sangat penting.

Lantas, bagaimana cara merawat perkembangan kucing dari lahir hingga dewasa? Ayo mari kita telusuri!

Beberapa tahap pertumbuhan anak kucing 

Untuk perkembangan anak kucing yang tepat pada setiap tahap kehidupan bayi kucing Anda, ikuti tips yang disebutkan di bawah ini:

    1. Periode neonatus 0-4 minggu

      Anak kucing pada tahap ini dianggap baru lahir dan harus bersama ibu dan saudara kandungnya untuk perkembangan anak kucing yang tepat. Pada tahap ini, mereka tidak dapat melihat, mendengar, atau berjalan. Mereka membuat suara erangan yang sangat lemah dan hanya bisa merangkak jarak kecil sambil tengkurap.

      Hal-hal yang perlu diperhatikan
      • Sama seperti bayi manusia, anak kucing yang baru lahir hanya bisa makan dan tidur.
      • Berat saat lahir sekitar 100-150 gram, dan akan bertambah 10-30 gram setiap hari hingga mencapai tiga kali lipat beratnya dalam 21 hari.
      • Mereka akan mulai membuka mata sekitar 5 hari tapi penglihatan mereka akan jelas sempurna hanya setelah 4 minggu.
      • Anak kucing tidak dapat mengatur suhu tubuhnya dan akan mati tanpa kehangatan dari ibu dan saudara-saudaranya. Jika Anda memelihara anak kucing tanpa induk, pastikan untuk melindunginya di tempat tidur yang hangat dan atur suhunya agar tidak jatuh di bawah 32°C.

      Langkah-langkah perawatan
      Bawa anak kucing Anda untuk pemeriksaan segera setelah mereka lahir untuk menyingkirkan masalah kesehatan apa pun.
      Pemberian obat cacing bulanan merupakan bagian penting dari perkembangan kucing baru lahir sampai mereka mencapai usia 6 bulan.
      Lindungi anak kucing di tempat yang bersih, kering, dan berventilasi baik, jauh dari hewan pemangsa lainnya.
      Anak kucing perlu diberi susu induknya setiap 2 jam untuk membantu membangun sistem kekebalannya.
      Jika Anda merawat anak kucing tanpa induk dan harus memberi mereka makan, pastikan Anda memilih makanan yang mengandung nutrsi utama, terutama DHA dan kolostrum yang biasa diperoleh dari susu induknya untuk perkembangan kucing baru lahir. DHA sangat penting untuk perkembangan mata dan otak anak kucing, sedangkan kolostrum membantu membangun sistem kekebalan. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk perkembangan kucing dari lahir hingga dewasa.

    2. Periode penyapihan 4-8 minggu

      Tahap kedua pertumbuhan anak kucing adalah periode penyapihan saat anak kucing beralih ke makanan padat. Mereka juga belajar teknik ketahanan hidup dan perilaku dari ibu mereka.

      Hal-hal yang perlu diperhatikan
      Anak kucing mulai suka bermain-main pada tahap ini dan mulai menjelajahi lingkungan sekitar mereka.
      Mereka akan mengikuti ibu mereka dan belajar teknik ketahanan hidup darinya seperti menguntit mangsa, merawat diri, dan lain sebagainya.
      Anak kucing akan mulai mencoba makanan asing walau masih akan terus menyusu dari induknya.

      Langkah-langkah perawatan
      Dalam tahap perkembangan anak kucing ini, si kecil akan menjadi lebih berani. Maka penting untuk memastikan lingkungan yang aman buat mereka jelajahi.
      Dekap manja mereka, juga beri mereka mainan untuk mambantu mereka tetap aktif dan membuat indra mereka terangsang.
      Bawa mereka ke dokter hewan setiap bulan untuk pemeriksaan dan pengobatan cacing.
      Makanan yang tepat sangat penting pada tahap ini untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing. Jadi, pilihlah makanan yang bergizi dan mengandung zat-zat seperti protein, taurin, dan omega-3 untuk pertumbuhan dan perkembangan anak kucing. Makanannya harus mudah dimakan dan dicerna dan harus enak untuk menarik perhatian anak kucing agar mau makan. Akan lebih baik jika Anda memberi mereka makanan yang mengandung DHA dan kolostrum, yang merupakan nutrisi esensial untuk perkembangan mata dan otak mereka serta sistem kekebalan.

    3. Pertumbuhan intensif 2-4 bulan

      Ini adalah tahap nakal, di mana anak kucing Anda akan mulai menunjukkan warna aslinya! Tahap yang penting dalam pertumbuhan anak kucing. Kepribadian kucing Anda akan muncul dalam waktu ini.

      Hal-hal yang perlu diperhatikan
      Anak kucing pada tahap ini akan menjadi sangat lincah dan akan menggunakan hampir 3 kali lebih banyak energi daripada kucing dewasa.
      • Mereka akan meniru perilaku ibu dan saudara-saudaranya dan akan terus belajar. Ini adalah tahap pengembangan yang ideal untuk mulai melatih mereka seperti yang Anda inginkan mereka kelak berperilaku.
      • Pada tahap ini, mereka membutuhkan banyak sekali dekapan manja, belaian, dan kasih sayang untuk membantu perkembangan mereka secara keseluruhan.

      Langkah-langkah perawatan
      • Ini adalah usia yang tepat untuk mengadopsi atau menempatkan anak kucing Anda untuk diadopsi. Mereka siap membawa kegembiraan ke rumah baru, setelah disapih dan belajar segalanya dari ibu mereka.
      • Ini juga merupakan usia yang tepat untuk memvaksinasi anak kucing Anda.
      • Pastikan tidak ada benda tajam berserakan di sekitar rumah dan pasang pelindung di tangga karena anak kucing sedang nakal-nakalnya pada usia ini.
      • Pada tahap ini, makanan yang tepat masih sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing. Mereka masih membutuhkan taurin dan DHA dalam makanan mereka, tetapi karena mereka tidak lagi menyusu dari induk mereka, semua nutrien yang mereka butuhkan hanya bisa diperoleh dari makanan yang Anda berikan kepada mereka.


    4. Pertumbuhan seterusnya 4 bulan ke atas

      Pada tahap ini, kucing kecil Anda hampir mendekati pubertas dan berada di ambang kedewasaan. Mereka bukan lagi anak kucing tetapi kucing yang hampir dewasa. Jadi, bagaimana Anda merawat 

      Hal-hal yang perlu diperhatikan
      Mereka mulai menunjukkan kepemilikan dengan menggosok tubuh mereka ke furnitur atau menggaruknya.
      Selang waktu, kucing Anda akan menunjukkan tanda-tanda fase berahi atau ‘on heat’ jika Anda tidak memandulkan/ mensterilkan mereka.
      Berat badan mereka akan bertambah dengan cepat, dan bisa hampir 80% dari berat kucing dewasa.

      Langkah-langkah perawatan
      • Sterilkan kucing Anda jika Anda tidak ingin mereka berkembang biak. Sterilisasi juga berdampak positif pada temperamen kucing.
      • Jika sudah divaksin, Anda bisa mengajak kucing Anda untuk berpetualang di luar rumah.
      • Mulai transisi ke makanan kucing dewasa pada tahap ini karena mereka sekarang membutuhkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing dewasa.

Pertanyaan umum

  1. Sampai umur berapa anak kucing menyusu?

    Anak kucing biasanya menyusu pada induknya sampai mereka berusia 4-6 minggu. Di mana, sang induk akan mulai mentransisikan mereka ke makanan padat secara perlahan-lahan. Terkadang, sang induk akan membiarkan anak kucingnya menyusu lebih lama untuk kepastian dan kenyamanan.

  2. Apa yang dimakan kucing berumur 1 minggu?

    Anak kucing berusia 1 minggu hanya boleh diberi susu dari induknya. Jika Anda memelihara anak kucing tanpa induk, beri mereka susu formula anak kucing, yang dapat dibeli dari toko hewan peliharaan. Tapi, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu. 

  3. Bisakah anak kucing dipisahkan dari induknya?

    Anak kucing idealnya harus tetap bersama induk mereka sampai mereka berusia sekitar 12-14 minggu bagi perkembangan mental dan fisik mereka. Namun, Anda masih bisa membesarkan anak kucing yang terpisah dari induknya pada tahap awal selama Anda memberi mereka perawatan, lingkungan, dan nutrisi yang tepat.

  4. Bisakah Anda memandikan anak kucing yang baru lahir?

    Sebaiknya, hindari memandikan anak kucing sampai mereka berusia minimal 4 minggu karena anak kucing yang lebih kecil dari ini tidak dapat mengatur suhu tubuh mereka dan mungkin bisa mati karena hipotermia. Jika Anda perlu memandikan anak kucing yang baru lahir karena alasan tertentu, gunakan bak mandi air hangat dan keringkan secara menyeluruh dan letakkan di lingkungan yang hangat setelahnya, atau lebih baik gunakan handuk hangat untuk menyeka daripada mandi penuh. 

Beri kucing anda Whiskas® lezat dan bernutrisi.
Temukan lebih banyak panduan memberi makan, penuhi mereka
dengan makanan lezat dan bernutrisi.

Global
Hak Cipta © Mars 2020 WHISKAS®, Merek Dagang dari
Mars Incorporated dan afiliasinya
Afiliasi Mars, Incorporated