Negara

Kesehatan

Kutu adalah hal yang perlu kamu ketahui untuk menjaga kesehatan kucingmu

Mata, telinga dan kulit

Meskipun penting bagimu untuk membawanya ke dokter untuk memeriksa kesehatannya, ada beberapa pemeriksaan dasar pada mata, telinga dan kulit yang dapat kamu lakukan di rumah untuk memastikan kondisi mereka.

Mata, telinga dan kulit

Mata dan telinga kucingmu sangatlah peka, sama halnya dengan harimau. Penglihatannya yang tajam menjadikannya pemburu sejati, ketika pendengarannya yang tajam membantunya untuk mendengar sekecil apapun mangsanya bergerak.

Meskipun penting bagimu untuk membawanya ke dokter untuk memeriksa kesehatannya, ada beberapa pemeriksaan dasar pada mata, telinga dan kulit yang dapat kamu lakukan di rumah untuk memastikan kondisi mereka

Mata yang sehat


Untuk memeriksa mata kucingmu, cukup ikuti daftar berikut ini:

• Tarik secara perlahan kelopak mata bagian bawah – area itu harus berwarna merah muda

•  Periksa kedua biji mata kucingmu, pastikan mereka berukuran normal

• Cobalah untuk berdiri bersama kucingmu di dekat jendela pada siang hari, buka dan tutup tirai, dan periksa bagaimana bola matanya beraksi normal terhadap perubahan cahaya.

• Periksa mata kucingmu jika terdapat endapan berwarna, atau berair – kedua pertanda tersebut berarti adanya infeksi mata

Jika pemeriksaan mata kucingmu menunjukan sesuatu yang tidak wajar, bawalah kucingmu ke dokter hewan untuk pemeriksaan secara lengkap.

Telinga yang sehat


Jika kucingmu menghabiskan waktunya menggoyangkan kepalanya atau menggaruk telinganya, mungkin ada sesuatu yang salah padanya. Berikut adalah cara untuk memeriksa telinganya yang peka:

• Jagalah telinganya untuk tetap bersih dan bebas dari kotoran

• Lihatlah jika telinga kucingmu berwarna lebih muda dibanding biasanya

• Bau yang menyekat dapat menunjukan adanya infeksi telinga

• Kotoran telinga – terutama yang berwarna gelap atau pekat – bisa menjadi pertanda akan adanya infeksi atau tungau.

Infeksi disebabkan oleh tungau lebih mudah disembuhkan dengan menggunakan obat tetes telinga. Jika kamu memiliki kucing lain di rumah, sebaiknya juga mengobati mereka. Kemungkinan lainnya termasuk “cauliflower” – di mana bagian luar telinga menjadi lebih tebal – kamu perlu membersihkannya secara teratur – atau membengkaknya kelopak telinga, yang mungkin akibat darah yang menggelembung, karena tercakar. Hal ini menyebabkan kelopak telinga terluka dan mengkerut, dan dapat merusak pendengaran – dan dibutuhkan operasi untuk memperbaikinya. Terakhir, polip adalah adanya benjolan darah yang mencegah mengalirnya udara ke dalam telinga, menyebabkan timbulnya penyakit. Penyakit ini dapat ditangani dengan melakukan operasi. Jika kamu risau dengan kesehatan telinga kucingmu, segera bawa dia ke dokter hewan terdekat.

Tidak hanya memeriksa mata, telinga dan kulit kucingmu. Tetapi anda juga harus menjaga kesehatan cakar kucingmu. Baca tips dari Whiskas mengenai cara merawat cakar kucing yang efektif.

Kulit yang sehat


Apabila kamu memperhatikan kucingmu menjilat atau menggaruk dirinya lebih sering dari biasanya, dia mungkin memliki masalah pada kulitnya. Penyakit Eksim sering kali disebabkan oleh reaksi dari alergi gigitan kutu. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan koreng Dan menjilati tubuhnya akan membuat kondisinya semakin parah! Ada kemungkinan jika kulit gatalnya disebabkan oleh alergi makanan, Dokter hewan akan membantumu.


Bantu kucingmu untuk tumbuh kuat dan sehat bersama Whiskas

Hak Cipta © Mars 2020 WHISKAS®, Merek Dagang dari
Mars Incorporated dan afiliasinya
Afiliasi Mars, Incorporated
Cookie Consent