Whiskas imagery

Negara

Kesehatan

Temukan cara bagaimana membuat anak kucingmu sehat dan bahagia

Makanan Anakan Kucing Yang Tepat Bagi Anak Kucing Anda Yang Sedang Tumbuh

Untuk memenuhi kebutuhan gizi kucing, anda harus mendapatkan menu makanan yang sesuai untuk dirinya.

Makanan Anakan Kucing Yang Tepat Bagi Anak Kucing Anda Yang Sedang Tumbuh

Apakah makanan untuk anak kucing yang tepat? Susu induknya adalah makanan kucing baru lahir yang terbaik pada saat anak kucing Anda lahir. Ini memberikan nutrisi lengkap untuk anak kucing Anda. Namun, saat anak kucing Anda tumbuh, ia harus disapih dari susu induknya dan diperkenalkan dengan makanan untuk anak kucing yang dibuat khusus. Ini membantu anak kucing Anda untuk beralih ke makanan padat dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya saat ia tumbuh.

Anak kucing memiliki kebutuhan yang spesifik dan keperluan nutrisi yang lebih besar dari kucing dewasa. Anak kucing Anda akan tumbuh dengan cepat dan sangat aktif! Maka, sangat penting untuk memberikan makanan untuk anak kucing yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anak kucing adalah karnivora yang membutuhkan daging untuk mendapatkan semua nutrien yang dibutuhkannya. Gigi, lidah, dan sistem pencernaan mereka dirancang untuk memakan daging. Selain memiliki nutrien yang tepat, makanan anakan kucing juga harus mudah dicerna. Makanan anakan kucing diformulasikan dengan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk anak kucing Anda, dalam jumlah yang lebih sedikit menyesuaikan dengan perutnya yang mungil.

Apa yang seharusnya ada dalam makanan anakan kucing?

Protein

Protein sangat penting untuk anak kucing. Mereka membutuhkannya untuk proses pertumbuhan. Protein itu sendiri terbentuk dari blok pembangun yang lebih kecil yang disebut asam amino. Anak kucing membutuhkan asam amino esensial seperti taurin, arginin, metionin dan sistein. Asam amino esensial tersebut membantu meningkatkan perkembangan otak yang sehat, penglihatan yang baik, dan bulu yang lembut dan sehat. Asam amino esensial tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh anak kucing Anda. Jadi, sangat penting untuk menyediakan asam amino esensial ini melalui makanan yang mereka konsumsi.

Asam lemak esensial

Asam lemak esensial dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit, bulu, sistem kekebalan, dan metabolisme anak kucing Anda. Asam lemak esensial juga memberikan banyak energi bagi anak kucing Anda yang aktif untuk tumbuh dan bermain. Itu juga yang membuat makanan mereka menjadi lebih lezat!

Vitamin

Vitamin diperlukan dalam makanan anak kucing Anda untuk berbagai aktivitas metabolisme dan pertumbuhannya. Ada banyak vitamin yang berbeda, dan masing-masing memiliki peran khusus. Misalnya, vitamin A penting untuk penglihatan yang baik, vitamin D diperlukan untuk pertumbuhan tulang, dan vitamin K membantu pembekuan darah jika anak kucing Anda sampai terluka (semoga tidak!). 

Mineral

Mineral sangat penting dalam makanan anak kucing Anda dengan membuat tubuh anak kucing Anda berfungsi normal dan sehat. Mineral yang terpenting untuk anak kucing Anda termasuk kalsium, fosfor, dan magnesium. Ini akan membantu dalam pertumbuhan tulang yang sehat, fungsi saraf dan metabolisme otot. Makanan anakan kucing harus mengandung semua mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pertumbuhan anak kucing Anda.

Karbohidrat dan serat

Anak kucing menggunakan karbohidrat baik sebagai sumber energi, atau sebagai sumber serat makanan. Serat membantu meningkatkan pencernaan yang baik. Makanan anakan kucing yang diformulasikan dengan teliti akan sesuai dengan kebutuhan nutrisi unik anak kucing Anda.

Makanan anakan kucing Whiskas® adalah makanan sehari-hari dengan gizi seimbang dan lezat untuk anak kucing kecil Anda. Berikan anak kucing Anda makanan anakan kucing yang terbaik dengan makanan anakan kucing Whiskas® untuk hidup yang riang dan sehat.

Tabel pemberian makan anak kucing

Saat anak kucing tumbuh, pola pemberian makan dan kebutuhan nutrisinya juga berubah. Tabel pemberian makan anak kucing ini dapat digunakan sebagai panduan tentang cara memberi makan anak kucing Anda dengan makanan anakan kucing Whiskas® saat melewati tahap pertumbuhan tertentu.

  • Dari lahir hingga 2 bulan: 

    Menyusui dari induknya. Pada usia sekitar 1 bulan, Anda dapat memperkenalkan makanan anakan kucing basah dengan ukuran gigitan kecil saat mereka mulai menyapih dari susu induknya.

  • Usia 2 hingga 4 bulan: 

    Mulailah dengan makanan anakan kucing Whiskas®. Beri makan anak kucing 4-5 pouch makanan anakan kucing basah per hari. Apabila anak kucing Anda sudah siap dengan campuran makanan basah dan kering, kurangi jumlah makanan basah ke 2 pouch dan berikan 18-40g makanan anakan kucing kering. Beri mereka makan 4 atau 5 kali dalam sehari.

  • Usia 4 sampai 8 bulan: 

    Tingkatkan jumlah makanan anakan kucing basah menjadi 5 sampai 6 pouch per hari. Bagi anak kucing yang dalam diet campuran, gunakan 2 pouch makanan anakan kucing basah dan 40-48 gram makanan anakan kucing kering. Beri mereka makan 4 atau 5 kali dalam sehari.

  • Usia 8 hingga 12 bulan: 

    Beri makan anak kucing 6-7 pouch makanan anakan kucing basah per hari, atau campuran 2 pouch makanan anakan kucing basah dan 48g makanan anakan kucing kering. Kurangi frekuensi makan menjadi 2 atau 4 kali dalam sehari.

Pola makan untuk menjaga berat badan anak kucing

Kenaikan berat badan adalah pertanda baik bahwa pola makanan yang ada telah dapat menyediakan nutrien esensial yang dibutuhkan anak kucing Anda. Disarankan untuk menimbang anak kucing Anda pada waktu yang sama setiap hari. Ini bisa membantu Anda mengamati kenaikan berat badan mereka dan mencegah pemberian makan yang berlebihan (walau ini akan sulit untuk menghindarinya!).

Ketika anak kucing mulai tersapih dari makanan untuk kucing yang baru lahir, mereka harus diberi makanan anakan kucing dan air. Makanan basah dapat bermanfaat untuk ginjal dan kandung kemih mereka, sementara makanan kering membantu menjaga gigi mereka untuk berada dalam kondisi baik. Yang penting adalah bagaimana menyediakan campuran makanan basah dan kering dalam jumlah yang tepat! Beberapa tips untuk menjaga berat badan anak kucing Anda termasuk menimbang porsi makanannya, mengutamakan waktu bermain dan memperbanyak gerak, dan membagi makanan hariannya menjadi porsi yang lebih kecil namun lebih sering. Tabel berat badan anak kucing berikut menampilkan perkiraan berat badan anak kucing sesuai usianya:

Age Weight 
1 – 2 bulan 0.35 – 0.6 kg
2 – 3 bulan 0.8 – 1.2 kg
3 – 4 bulan 1.4 – 2.1 kg
4 – 6 bulan 1.8 – 2.8 kg
6 – 9 bulan 2.4 – 3.9 kg
9 – 12 bulan 3.5 – 5.0 kg

Soalan Lazim Mengenai Diet Kucing

  1. Makanan apa yang harus Anda beri pada kucing yang baru lahir?

    Susu dari induk adalah yang terbaik sebagai makanan untuk kucing yang baru lahir (di bawah 2 bulan) karena mengandung DHA yang dapat membantu tahap awal perkembangannya. Kolostrum juga mengandung protein yang sangat tinggi dan bisa memperkuat sistem kekebalan anak kucing.

  2. Apa diet ideal untuk anak kucing?

    Anak kucing membutuhkan diet lengkap dan seimbang antara protein, asam lemak esensial, karbohidrat, mineral, dan vitamin yang tepat. Whiskas® menawarkan berbagai macam makanan untuk anak kucing dengan semua nutrisi yang mereka butuhkan.

  3. Makanan apa yang harus Anda beri pada anak kucing yang rewel?

    Anak kucing banyak yang menyukai tekstur dan rasa tertentu. Cobalah untuk memberi makan anak kucing Anda campuran makanan anakan kucing basah dan kering. Anda juga dapat mencoba berbagai macam makanan anakan kucing Whiskas® untuk menemukan makanan favorit anak kucing Anda.

  4. Bisakah anak kucing makan makanan manusia?

    Memberi makan anak kucing dengan makanan manusia bisa memberi efek yang merugikan karena anak kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang sangat berbeda dibanding manusia. Anak kucing membutuhkan sekitar 40 jenis nurien esensial untuk mancapai kelengkapan nutrisi, baik dalam bentuk makanan kering, basah, atau campuran.

    Karena anak kucing adalah karnivora, daging hewan adalah salah satu makanan manusia yang paling aman untuk diberikan. Anak kucing sangat bergantung pada nutrien yang ditemukan dalam produk hewani. Ada 11 asam amino esensial untuk anak kucing yang harus terkandung dalam makanan mereka: 

    1. Arginina
    2. Histidin
    3. Isoleusin
    4. Leusin
    5. Lisin
    6. Metionin
    7. Fenilalanin
    8. Taurin
    9. Treonin
    10. Triptofan
    11. Valin

    Berbagai asam amino esensial tersebut, bersama dengan nutrien esensial lainnya, sebaiknya datang dari daging dan organ hewan (hati, jantung, dan ginjal). Ikan, daging, dan unggas adalah pilihan terbaik karena menyediakan semua protein dan nutrien esensial yang dibutuhkan anak kucing Anda. Bisa dicincang, digiling, atau dicampur agar anak kucing Anda bisa memakannya dengan mudah. Namun, tidak disarankan untuk memberi anak kucing Anda terlalu banyak makan ikan seperti tuna dan salmon. Ini karena, ikan-ikan tersebut mengandung kadar merkuri yang tinggi dan dapat menyebabkan keracunan (pusing, kehilangan keseimbangan dan koordinasi). Juga, untuk menghancurkan bakteri atau parasit, pastikan semuanya dimasak dengan matang sebelum diberi kepada anak kucing Anda.

    Selain daging, anak kucing juga sesekali perlu memakan tanaman untuk kebutuhan serat mereka. Sayuran yang disarankan untuk anak kucing Anda adalah wortel, brokoli, dan bayam yang telah dikukus atau direbus. Sayuran tersebut juga merupakan sumber vitamin dan mineral. Pastikan juga bahwa semua sayuran dicuci dan dibersihkan secara menyeluruh sebelum dimasak. Hindari sayuran mentah bagi anak kucing Anda karena mereka tidak bisa mencernanya dan malah dapat menyebabkan masalah pencernaan.

    1. Mineral
    2. Kalsium
    3. Fosfor
    4. Magnesium
    5. Sodium Klorida
    6. Zat Besi
    7. Zinc
    8. Tembaga
    9. Mangan
    10. Selenium
    11. Iodin
    1. Asid Amino
    2. Arginin
    3. Histidin
    4. Isoleusin
    5. Metionin
    6. Sistein
    7. Leusin
    8. Lisin
    9. Fenilalanin
    10. Treonin
    11. Triptofan
    12. Tirosin
    13. Valin
    14. Taurin
    1. Vitamin
    2. Vitamin A
    3. Vitamin D
    4. Vitamin E
    5. Vitamin K
    6. Tiamin (B1)
    7. Riboflavin (B2)
    8. Piridoksin (B6)
    9. Niasin (B3)
    10. Asam Pantotenik (B5)
    11. Kobalamin (B12)
    12. Asam Folik (B9)
    13. Biotin (B7)
    14. Kolin
    1. Makronutrien
    2. Protein
    3. Lemak
    4. Kadar Air (Abu, Serat)
    1. Asam Lemak
    2. Asam Linoleat
    3. Asam Arakidonat
    4. Asam Alfa-Linolenat
    5. EPA/DHA
  5. Cara memberi makan anak kucing hingga usia 4 minggu?

    Seiring dengan pertumbuhannya, anak kucing membutuhkan berbagai jenis makanan juga cara makan yang berbeda untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Ketika anak kucing lahir, mereka bisa mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dari susu induknya, yang merupakan makanan kucing baru lahir yang terbaik. Sangatlah penting untuk memastikan bahwa anak kucing dan induk kucing Anda aman dan jauh dari gangguan apapun. Hal ini dilakukan agar mereka bisa menyusui dari induknya dengan tenang. Jaga agar anak kucing Anda tetap hangat dan tempatkan mereka dalam posisi nyaman tengkurap saat mereka menyusu. Setelah 4 minggu, mereka harus disapih dan diperkenalkan dengan makanan untuk anak kucing.

  6. Cara memberi makan anak kucing dari 4 minggu hingga 4 bulan?

    Setelah anak kucing Anda mencapai usia 4 minggu, ia mungkin mulai menunjukkan selera pada makanan padat! Anda dapat mulai menyapih anak kucing Anda secara bertahap dan memperkenalkannya dengan sedikit makanan anakan kucing yang padat. Makanan anakan kucing kering dapat dicampur dengan air sehingga cukup lembut untuk anak kucing makan dengan mudah. Makanan anakan kucing basah juga bisa digunakan. Tempatkan makanan di piring atau mangkuk yang dangkal untuk membiasakan mereka dengan kebiasaan makan yang baik. Sangat penting untuk mempelajari cara memberi makan anak kucing dengan benar dengan makanan yang tepat untuk membantu mereka tumbuh dengan riang dan sehat.

  7. Cara membuat makanan anakan kucing?

    Makanan anakan kucing buatan sendiri yang disiapkan dengan bahan-bahan alami dan segar adalah cara yang baik untuk memperkenalkan anak kucing Anda pada rasa dan tekstur baru. Ini akan membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Karena anak kucing adalah karnivora, mereka dapat memakan sebagian besar jenis daging, seperti ayam, sapi, dan ikan yang telah dicincang atau digiling dan lantas dimasak.

    Anak kucing membutuhkan protein 4 kali lebih banyak daripada manusia. Untuk memenuhi kebutuhan ini, makanan anakan kucing buatan sendiri harus mengandung setidaknya 70 g protein per 1000 kkal energi metabolis (ME, metabolisable energy). Ini sama dengan kira-kira 220 g daging ayam, atau 320 g ikan. Daging harus dimasak, baik dengan mengukus atau merebusnya. Anak kucing membutuhkan 40 nutrien esensial untuk memenuhi kelengkapan nutrisi bagi pertumbuhan dan energi yang diperlukannya. Jadi, mereka memerlukan berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan ini. Pastikan Anda memilih makanan berkualitas tinggi yang aman untuk dimakan oleh anak kucing kecil Anda! Anda dapat membaca lebih lanjut tentang apa yang bisa dan tidak bisa dimakan anak kucing Anda dari "Bisakah anak kucing makan makanan manusia?"

    Namun, jika Anda tidak tahu cara membuat makanan anakan kucing, atau tidak punya waktu - jangan khawatir! Makanan anakan kucing Whiskas® adalah makanan anakan kucing terbaik yang memenuhi semua kebutuhan nutrisi anak kucing Anda dalam berbagai rasa yang lezat.

  8. Kapan sebaiknya Anda mengalihkan anak kucing ke makanan anakan kucing?

    Selain makanan kucing baru lahir, anak kucing dapat mencoba makanan padat dalam porsi kecil untuk membiasakan diri dengannya. Pada usia 2 bulan, mereka harus disapih dari susu induknya dan beralih dari makanan kucing baru lahir ke makanan anakan kucing basah.

  9. Makanan yang harus dihindari?

    Meskipun Anda mungkin memiliki niat baik, beberapa makanan manusia tidak disarankan untuk kucing. Makanan manusia tinggi kalori, dan kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan kucing. Beberapa makanan yang kita makan justru bisa sangat berbahaya bagi kucing. Ini termasuk bawang merah atau bawang putih, susu atau produk susu, alkohol, anggur atau kismis, kafein, coklat, telur mentah dan daging, bahkan lemak dan tulang.

  10. Apa yang anak kucing Anda bisa minum?

    Sangatlah penting untuk menjaga agar anak kucing Anda tetap terhidrasi, terutama jika Anda memberinya makanan kering. Anak kucing tidak membutuhkan susu setelah disapih. Sebagai gantinya, yang terbaik adalah memberi mereka minum air bersih dan segar. Pastikan anak kucing Anda memiliki air segar untuk diminum di mana pun dan kapan pun mereka membutuhkannya. Umumnya, Anda harus mulai memberi mereka air minum setelah Anda mulai memberi mereka sedikit makanan padat. Beri mereka air bersih dan segar dalam mangkuk dangkal. Disarankan untuk menempatkannya di tempat-tempat di mana mereka suka bersantai. Sangat disarankan untuk tidak meletakkannya di tempat yang sama dengan tempat mereka makan.

  11. Seberapa sering Anda harus memberi makan anak kucing?

    Anak kucing harus sering diberi makan dalam jumlah kecil sepanjang hari. Untuk anak kucing yang berusia di atas 2 bulan, makanan anakan kucing dapat diberikan 4 hingga 5 kali sehari. Dari usia 6 hingga 12 bulan, jumlah makan dapat dikurangi menjadi 2 hingga 4 kali sehari.

Beri kucingmu makan dengan jumlah yang tepat sesuai dengan panduan pemberian makan

Global
Hak Cipta © Mars 2020 WHISKAS®, Merek Dagang dari
Mars Incorporated dan afiliasinya
Afiliasi Mars, Incorporated